Wagub Sumbar Pastikan Ketersediaan Stok Vaksin di Sumbar Aman

Wagub Sumbar Audy
Wagub Sumbar Audy (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan ketersediaan vaksin di Sumbar masih mencukupi. Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir.

"Berapapun kekurangannya akan kita kirimkan dari provinsi. Jadi stok yang ada di kabupaten/kota dihabiskan saja secepatnya," ujarnya.

baca juga: PT Semen Padang Bantu Petani Dharmasraya 1000 Bibit Pohon Kelapa Dalam

Menurut Wagub, yang perlu dilakukan saat ini adalah meningkatkan capaian vaksinasi agar semua aktivitas bisa kembali pulih seperti sedia kala. Salah satunya sekolah tatap muka bisa dilaksanakan kembali.

Audy memuji percepatan capaian vaksinasi di Kabupaten Sijunjung yang sudah mencapai 25 persen dan diyakini mencapai 40 persen dalam dua minggu ke depan.

baca juga: Jumlah Kasus Positif Terus Melandai, PPKM Luar Jawa-Bali Tetap Dilanjutkan Selama Tiga Minggu

"Antusiasmenya luar biasa termasuk untuk pelajar SMP. Ada yang pesertanya 80 persen dari jumlah siswa. Bahkan di SMP 10 Sijunjung pesertanya sampai 99 persen. Dari ratusan pelajar hanya dua orang yang tidak mendapatkan izin dari orang tuanya," katanya, Selasa (28/9).

Dengan antusiame itu diyakini capaian vaksinasi di Sijunjung akan meningkat secara signifikan, bisa mengalahkan Kabupaten Dharmasraya yang kini capaiannya paling tinggi.

baca juga: Presiden Minta Percepatan Program Vaksinasi, Ini 3 Daerah dengan Capaian Terendah

Wagub juga mengajak orangtua siswa, bahkan orang tua majelis guru untuk ikut divaksin karena capaian vaksinasi untuk lansia adalah yang paling rendah di Sumbar.

Sementara itu Wakil Bupati Sijunjung Iraddatillah mengatakan ke depan pihaknya akan terus sosialisasikan dan memberikan pemahaman agar orang tua mau memberi izin.

baca juga: Tingkatkan Kompetensi Calon Lulusan SMK, Balai Jasa Konstruksi dan Disdik Gelar Kelas Industri

"Mudah-mudahan semua bersedia memberikan izin karena ini adalah ikhtiar supaya kondisi kembali normal dan pembelajaran tatap muka bisa segera dilakukan," ujarnya.

Selain itu dengan vaksinasi sehingga kondisi normal, perekonomian akan kembali bergerak sehingga usaha masyarakat bisa bangkit kembali.

Editor: Joni Abdul Kasir