Penerimaan CPNS dan yang Pensiun Tidak Sebanding, Kota Padang Masih Kekurangan Ribuan ASN

Ilsutrasi ASN
Ilsutrasi ASN (Halbert Caniago)

PADANG , KLIKPOSITIF -- Meskipun penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) terus dilakukan setiap tahunnya, Pemerintah Kota Padang masih kekurangan tenaga Aparatur Sipil Negara ( ASN ).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang , Arfian mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Padang kekurangan 8 ribu Aparatur Sipil Negara ( ASN ).

baca juga: Sekda Pessel: Jamin Program dan Bansos DiberikanKkepada Orang yang Tepat, Nagari Harus Lakukan Ini

Jumlah tersebut didapati berdasarkan analisis jabatan dan beban kerja yang dilakukan oleh ASN yang ada di jajaran Pemko Padang .

"Kebutuhan ASN kita itu mencapai 15 ribu orang lebih. Namun saat ini jumlah ASN kita yang ada hanya 8.671 orang, sehingga masih kurang sekitar 8 ribu orang lagi," katanya.

baca juga: Kemenkes Terbitkan SE, Biaya RT-PCR Hasil Cepat Tidak Boleh Lampaui Tarif Tertinggi

Menurutnya, setiap tahunnya ratusan ASN pensiun di lingkungan Pemerintah Kota Padang .

Ia mengatakan, jumlah ASN yang pensiun tersebut, tidak sebanding dengan perekrutan CPNS yang dilakukan. Akibatnya kekurangan ASN terus terjadi.

baca juga: Menkeu: Ekonomi Syariah Bantu Pulihkan Dampak Pandemi

"Misalnya saja pada tahun ini, sejak Januari hingga Agustus 2021 sudah ada 330 ASN yang pensiun. Sementara itu pada tes CPNS 2021 Pemko Padang hanya mendapatkan 118 formasi CPNS , 12 formasi PPPK nonguru dan 476 formasi PPPK guru ," tutupnya.

Penulis: Halbert Caniago | Editor: Eko Fajri