Jokowi: Gelaran PON XX Tunjukkan Kemajuan Papua

Presiden Joko Widodo bermain bola di tengah pembukaan PON XX Papua,
Presiden Joko Widodo bermain bola di tengah pembukaan PON XX Papua, (setkab)

KLIKPOSITIF - Presiden Joko Widodo mengatakan gelaran PON (Pekan Olahraga Nasional ) tahun ini menunjukkan kemajuan Papua . PON yang pertama kali digelar di bumi Papua tersebut menurut Jokowi telah menunjukkan kesiapan infrastruktur serta kesiapan masyarakatnya dalam menyelenggarakan ajang olahraga bergengsi tingkat nasional .

"Perasaan saya dan perasaan Saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua . Dan, kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini," ucap Presiden Joko Widodo dilansir dari situs resmi, Minggu 03 Oktober 2021.

baca juga: Puncak Kasus Omicron Diprediksi Pertengahan Februari, Begini Penjelasan Pemerintah

Jokowi mengatakan Stadion Lukas Enembe yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua . Pemerintah juga terus membangun infrastruktur, termasuk untuk meningkatkan konektivitas wilayah baik melalui darat, laut, maupun udara di tanah Papua . Selain itu, pemerintah juga terus membangun sumber daya manusia (SDM)

"Bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua , serta pengembangan SDM Papua merupakan capaian-capaian lain dari kemajuan Papua yang sangat membanggakan ini," ujarnya.

baca juga: Presiden Sebut MotoGP Mandalika Harus Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

PON XX juga memiliki makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini merupakan panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan, dan keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini," ujarnya.

Editor: Ramadhani