PNP Bedah Buku \"Perencanaan Perjalanan Wisata\", Panelis: Buku Ini Bermanfaat untuk Industri Pariwisata

Direktur PNP SUrfa Yondri (dua dari kiri) menyerahkan sertifikat panelis kepada CEO Ero Tour Ian Hanafiah usai bedah buku yang digelar PNP daram rangka Dies Natalis ke 34. Penyerahan sertifikat tersebut turut disaksikan oleh dua orang penulis buku Perencanaan Perjalanan Wisata.
Direktur PNP SUrfa Yondri (dua dari kiri) menyerahkan sertifikat panelis kepada CEO Ero Tour Ian Hanafiah usai bedah buku yang digelar PNP daram rangka Dies Natalis ke 34. Penyerahan sertifikat tersebut turut disaksikan oleh dua orang penulis buku Perencanaan Perjalanan Wisata. (riki)

PADANG, KLIKPOSITIF - Dalam rangka Dies Natalis ke-34, Politeknik Negeri Padang ( PNP ) menggelar bedah buku berjudul Perencanaan Perjalanan Wisata yang ditulis oleh dosen Program Studi Usaha Perjalanan Wisata PNP , Kamis (7/10/2021).

Bertempat di Gedung C Kampus PNP , bedah buku yang ditulis Rini Eka sari dan Novi Yanita itu dihadiri oleh CEO Ero Tour Ian Hanafiah dan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sijunjung Okta Yendra Putra sebagai panelis.

baca juga: Pelaku Seni Tradisi Solsel Diberi Pendidikan dan Pelatihan

Rini Eka Sari mengatakan, buku ini ditulis sejak 2019 dan baru terbut pada akhir 2020 kemarin. Buku itu sengaja ditulis, karena saat ini masih kurangnya referensi tentang perencanaan perjalanan wisata .

Ia berharap, buku yang ditulisnya itu bisa menjadi alternatif untuk referensi, terutama bagi masyarakat atau pelaku industri wisata dalam menyusun paket perjalanan wisata ke tempat wisata .

baca juga: Ocean Beach Hotel Dibuka, Tawarkan View Indah dari Pantai Padang

"Di samping itu, buku Perencanaan Perjalanan Wisata ini juga dapat dimanfaatkan oleh kalangan dosen untuk bahan ajar, juga untuk mahasiswa dan guru," kata Rini kepada klikpositif.com saat ditemui usai bedah buku .

Hal yang sama juga disampaikan Novi Yanita. Kata dia, kehadiran buku ini juga sejalan dengan program pemerintah daerah. Di mana saat ini, pemerintah daerah tengah gencar-gencarnya berkalaborasi dengan masyarakat dalam mengembangkan desa wisata .

baca juga: Bangkit Setelah Pandemi, Wagub Sumbar Apresiasi kerjasama SMK dan Organisasi Kepariwisataan

"Nah, kehadiran buku Perencanaan Perjalanan Wisata yang kami tulis ini juga bisa membantu para pengelola desa wisata dalam membuat paket-paket wisata di desa wisata yang mereka kelola," ujar Novi.

Sementara itu, CEO Ero Tour Ian Hanafiah menyambut baik kehadiran buku Perencanaan Perjalanan Wisata ini. Kata dia, selaku praktisi wisata yang sudah lebih 30 tahun lamanya berkecimpung di industri pariwisata , ia pun menyadari betapa bermanfaatnya buku ini.

baca juga: Pakansi Pandemi di Bukittinggi

"Secara teoritis, kehadiran buku ini sangat tepat. Saya apresit terhadap kehadiran buku ini. Karena selama ini banyak dari pelaku industri pariwisata membuat program pariwisata hanya dari pengalaman," katanya.

Ia berharap, para pelaku industri wisata dapat memanfaatkan teori yang ada di buku Perencanaan Perjalanan Wisata tersebut, karena di dalam buku itu juga dijelaskan paket wisata untuk karakter masing-masing tamu.

"Teori ini perlu, jangan dianggap remeh teori ini. Di buku ini dijelaskan untuk karakter tamu masing-masing. saya selaku praktisi pariwisata sangat mendukung kehadiran buku ini. Saya berharap, pelaku industri pariwisata juga dapat memanfaatkan buku ini," ujarnya.

Direktur PNP Surfa Yondri mengatakan, buku yang ditulis dosen Program Studi Usaha Perjalanan Wisata PNP ini merupakan bentuk khasanah keilmuan dari perguruan tinggi untuk industri pariwisata , karena buku ini ditulis melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PNP .

"Mudah-mudahan kehadiran buku ini selain bermanfaat untuk bahan ajar dan juga sebagai referensi bagi pelaku industri wisata , diharapkan juga dapat meningkatkan motivasi para dosen PNP lainnya untuk terus menulis buku," katanya.(*)

Editor: Riki