Payakumbuh Zona Hijau Kasus COVID-19, Kadis Kesehatan Ingatkan Warga Jangan Lengah

Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal
Kepala Dinas Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Kota Payakumbuh berdasarkan peta zonasi resiko COVID-19 secara keseluruhan sudah berada pada zona hijau. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh dr. Bakhrizal pada Selasa 12 Oktober 2021.

dr. Bakhrizal mengatakan menurut data yang dirilis Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh , tercatat sudah tidak ada kasus positif COVID-19. Seluruh kelurahan di Kota Payakumbuh juga sudah berstatus zona hijau atau nihil kasus COVID-19.

baca juga: Capaian Masih Rendah, Pemkab Solok Gencarkan Vaksinasi Massal

"Alhamdulillah, seluruh kelurahan di Kota Payakumbuh sudah berhasil mentas ke zona hijau, artinya sudah nihil kasus," ujar dr. Bek

Ia menjelaskan secara kumulatif, sejak awal pandemi tercatat kasus terkonfirmasi COVID-19 di Kota Payakumbuh mencapai 2.697 kasus dan sebanyak 2.639 orang sembuh serta 53 orang meninggal dunia.

baca juga: Niniak Mamak Harus Berperan Dalam Meningkatkan Angka Vaksinasi di Daerah

"Salah satu faktor penurunan kasus sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan vaksinasi dan juga tingkat kesadaran masyarakat menjalankan prokes juga semakin baik. Jadi semakin banyak warga yang sudah divaksin, maka akan menambah imunitasnya, sehingga tidak mudah terpapar COVID-19," kata Kadiskes Payakumbuh.

Ia meyakini bahwa Kota Payakumbuh bisa menjadi daerah bebas COVID-19. Sebab saat ini program vaksinasi terus digencarkan dan pihaknya juga terus mendorong masyarakat Kota Payakumbuh bagi yang belum divaksin agar proaktif mendatangi puskesmas terdekat.

baca juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Jauh Lebih Baik Dibandingkan Negara-negara Lain

"Jangan lengah dengan keadaan zonasi kota kita sudah hijau. Mari sukseskan vaksinasi agar kita dapat menuju herd immunity," kata dr. Bakhrizal yang akrab disapa Dokter Bek tersebut.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah