Koordinasi Penanganan Covid, Bupati Pessel Minta Tim Satgas Lakukan Ini

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membuka kegiatan koordinasi Satgas Covid Pessel
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat membuka kegiatan koordinasi Satgas Covid Pessel (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar membuka pertemuan koordinasi dan monitoring dan evaluasi (Monev) kegiatan tes dalam melacak isolasi pencegahan dan pengendalian wabah Covid 19, di daerah itu, Kamis 14 Oktober 2021.

Bupati Pessel , Rusma Yul Anwar menegaskan, untuk hal ini, perlu Pemkab dan seluruh jajaran harus melakukan langkah-langkah strategis dalam mempercepat pencegahan dan pengendalian Covid-19 dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan, pelacakan, karantina beserta isolasi.

baca juga: 2 Kampus di Sumbar dapat Predikat Perguruan Tinggi Menuju Informatif

Menurutnya, hal ini mesti perlu ditingkatkan. Sebab, hingga sampai hari ini meski peningkatan Covid tidak signifikan, namun tetap bertambah dari hari ke hari.

"Jadi, sangat diperlukan langkah-langkah strategis untuk mempercepat pencegahan dan pengendalian Covid 19 dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan, pelacakan, karantina dan isolasi," ungkap Bupati Pessel .

baca juga: Pertahankan WTP 5 Kali Berturut, Pessel Diganjar Penghargaan Kemenkeu

Diketahui, pada 2021 kasus tertinggi ditemukan pada 6 Agustus 2021 dengan 155 kasus positif. Sedangkan sampai 13 Oktober 2021, jumlah totalnya telah mencapai 3.993 kasus.

Jumlah kasus meninggal dunia sebanyak 153 kasus dan jumlah kasus sembuh sebanyak 3.802 orang (92,22 persen), jumlah kasus aktif yaitu kasus yang masih dirawat dan isolasi mandiri sebanyak 38 orang (0,95 persen).

baca juga: Maksimalkan Vaksin Setiap Hari, Camat Sutera Monitoring ke Nagari

Bupati mengakui, sampai saat ini Pemkab telah melakukan langkah-langkah strategis dalam upaya pencegahan dan pengendalian wabah Covid 19 melalui strategi 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan), serta 3T (tracing, testing dan treatment) serta pelaksanaan vaksinasi.

Namun, untuk mencapai hasil maksimal tentu harus ada peningkatan. Apalagi, tercatat hingga kini realisasi vaksin di Pessel untuk dosis pertama baru capai 15 persen. Sedangkan, dosis kedua baru capai 6 persen dari 390.980 orang target capaian.

baca juga: Hari Ini Seorang Lansia Positif COVID-19 di Tanah Datar

"Tentu dari sini kita harus mencari solusinya bersama. Termasuk dengan dukungan masyarakat. Karena kita ini perlu kita tingkatkan bersama," jelasnya.

Kesempatan itu, Kepala Dinkes Pessel , dr.Satria Wibawa mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas surveilans/penanggung jawab tes lacak isolasi di Puskesmas dalam rangka percepatan kegiatan pencegahan dan pengendalian Covid 19. Pesertanya, terdiri petugas Covid Puskesmas, Dinkes dengan jumlah peserta mencapai 40 orang.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri