Kebakaran Dekat Istano Basa Pagaruyung Tanah Datar, Dua Kedai Ludes Terbakar

Kebakaran kedai kayu di samping Istano Basa Pagaruyung, di Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar
Kebakaran kedai kayu di samping Istano Basa Pagaruyung, di Kecamatan Tanjung Emas, Tanah Datar (Damkar Tanah Datar)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Warga bersama petugas pemadam kebakaran Pemkab Tanah Datar harus berjibaku memadamkan api yang membakar dua unit kedai kayu sekaligus tempat tinggal di samping Istano Basa Pagaruyung, di Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Jumat 15 Oktober 2021, sekira pukul 11.35 Wib.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan dua jam kemudian, namun seluruh bangunan kedai berukuran 300 meter persegi dan 45 meter persegi tersebut beserta barang-barang di dalamnya hangus terbakar.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Tribun Pekanbaru Berkembang Gunakan Platform Media Digital

Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas tersebut namun pemilik kedai dan rumah Elfrinelsi (48 tahun), sehari-hari bekerja sebagai pedagang, menderita kerugian materil sekitar Rp300 juta. Sementara satu kedai lainnya dalam keadaan kosong menderita kerugian sekitar Rp50 juta.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Yusnen yang turun ke lokasi menyampaikan sebanyak 30 personel dengan empat armada mobil pemadam dari Posko Batusangkar dibantu dari Posko Salimpaung diturunkan sehingga dalam waktu tidak terlalu lama api berhasil dipadamkan.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Diskominfo Dumai Utamakan Kerjasama Media Lokal

Ia menyebut penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian namun dugaan sementara dari korsleting listrik.

"Kami mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap api yang berasal dari listrik, kompor, obat nyamuk bakar dan lainnya yang dapat menimbulkan bencana kebakaran ," tutur Yusnen. (*)

baca juga: Ambulance dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke RS

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani