Puluhan Warga Binaan di Lapas Kelas III Talu Pasbar Disuntik Vaksin

Suasana saat pemberian vaksinasi terhadap WBP dan Narapidana di Lapas Kelas III Talu
Suasana saat pemberian vaksinasi terhadap WBP dan Narapidana di Lapas Kelas III Talu (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Puluhan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas III Talu Kabupaten Pasaman Barat mengikuti vaksinasi COVID-19 tahap I dan II dengan jenis Sinovac.

"WBP yang mendapatkan vaksinasi tahap I berjumlah 18 orang, vaksinasi tahap II berjumlah 2 orang WBP," kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Talu, Donni Isa Dermawan, Jumat (15/10/2021).

baca juga: Harumkan Nama Pasaman Barat, Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa Raih Juara 1 di Sumbar

Selain itu ia menjelaskan ada 24 orang WBP yang tidak bisa menjalani vaksin tahap II dikarenakan belum cukup waktu dan kemudian 4 orang WBP tidak bisa dilakukan vaksinasi dikarenakan dalam keadaan demam.

"Sebagian WBP belum bisa menjalani vaksinasi, karena itu tadi, belum cukup waktu setelah vaksinasi tahap I dan ada yang demam," jelasnya.

baca juga: PN Pasbar Gelar Sidang Perdana Gugatan SK Pemberhentian Ketua DPRD

Kemudian diungkapkan Donni kegiatan vaksinasi itu dilaksanakan serentak dengan narapidana dan WBP oleh Satreskrim Polres Pasaman Barat . Sedangkan untuk petugas medis dari Simpang Empat yang berjumlah 9 orang.

Ia juga menerangkan dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut ada beberapa pegawai Lapas Kelas III Talu ikut membantu petugas Puskesmas untuk memberikan pendampingan terhadap WBP selama menjalani vaksin terkait rekam jejak kesehatan.

baca juga: Pengajuan Penangguhan Tersangka Dinas Fiktif DPRD Pasbar Dua Kali Ditolak, Ini Alasannya

"Kita dampingi, sehingga rekam jejak kesehatan WBP diketahui petugas sebelum pemberian vaksin. Program kita menangani penyebaran virus Corona di Indonesia terutama dilingkungan Lapas Kelas III Talu," terangnya.

"Kita tetap menekankan untuk mematuhi prokes di dalam Lapas. Disamping itu kita juga menegaskan terhadap pengunjung atau keluarga WBP selama berkunjung untuk tetap memakai masker dan patuhi Prokes COVID-19 lainnya," sambungnya.

baca juga: Kejari Kembali Tahan Seorang Mantan Anggota DPRD Pasbar, Terkait Kasus Ini

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi