Ingin Kembangkan Pelaku IKM, Pemprov NTB Belajar ke Kota Payakumbuh

Pemko Payakumbuh saat menerima kunjungan Pemprov NTB di Balai Kota Payakumbuh
Pemko Payakumbuh saat menerima kunjungan Pemprov NTB di Balai Kota Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat ( NTB ) kunjungi Pemerintah Kota Payakumbuh untuk belajar tentang pengembangan dan pembinaan pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), Kamis 14 Oktober 2021. Rombongan terdiri dari Asisten III Sekdaprov NTB dr. Nurhandini Eka Dewi, Kadis Perindustrian Nuryanti, Kepala Balai Kemasan Produk Daerah Provinsi NTB Aryanti Dwiyani, Kasi Pelatihan Dan Promosi BKPD Disprin NTB Heldy Sardianto, Sekdis Perindustrian Lombok Timur L. Alwan Wijaya, Sekdis Perindustrian Koperasi dan UMKM Kota Mataram I Gusti Ayu Yuliani, Kabid Industri Dinas Perindag Muhtar, IKM Sate Ikan Laut Budinten

Asisten II Sekdako Payakumbuh Elzadaswarman didampingi Kepala DPMPTSP Harmayunis mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemprov NTB yang telah datang ke Kota Payakumbuh the City Of Randang. Ia menjelaskan sesuai dengan ikonnya Payakumbuh, disini ada salah satu kampung yang penghasilan warganya pada umumnya berasal dari Industri Rendang yaitu Kelurahan Sungai Durian Kecamatan Lamposi Tigo Nagori.

baca juga: Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

"Inilah kotanya si Kampung Randang dan selamat menikmati kuliner dan alamnya Kota Payakumbuh ," kata Elzadaswarman bersama Sekdis Nakerin Usfa Riyanti, Kabid Perindustrian Bambang Hermanto, Kabid Naker Gesmalindra, Ka UPTD P3R Novit Ardy, Kasi Industri Sandang Hayatil Mardhiyah, Kasi Industri Pangan Rendi Pratama, dan perwakilan Loka POM Payakumbuh di Balai Kota.

Ia menambahkan ada 2 pusat sentra IKM di Payakumbuh yaitu satu Sentra Tenun yang berada di Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Selatan dan Sentra Randang yang berada di Padang Kaduduak Kelurahan Tigo Koto Diate Kecamatan Payakumbuh Utara. Kemudian untuk membeli oleh-oleh di Kota Payakumbuh juga ada pusat sentra oleh-oleh.

baca juga: Sebanyak 136 Warga Payakumbuh Terima Bantuan Dari Kemensos RI

Sementara itu, dr. Nurhandini yang memimpin rombongan Pemprov NTB ternyata merupakan urang awak, perempuan minang yang berasal dari Kota Payakumbuh , Nagari Koto Nan Ampek. Ia menjelaskan kedatangan Pemprov NTB ke Kota Payakumbuh dalam rangka studi tiru dan saling berbagi informasi yang berkaitan dengan tata cara pembinaan IKM, serta bagaimana pengembangan UMKM di Kota Payakumbuh .

"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat sangat terinspirasi dengan kemajuan Provinsi Sumatera Barat khususnya Pemerintah Kota Payakumbuh , terutama dalam bidang pengembangan Industri Kecil Menengah. Banyak inovasi yang dilakukan oleh Pemko Payakumbuh yang di juluki sebagai Kota Randang," kata dr. Nurhandini.

baca juga: Wawako Erwin Yunaz Jadi Pembina Upacara di Hari Guru Nasional

Ia menambahkan bahwa selama berada di Kota Payakumbuh mereka akan memanfaatkan waktu untuk saling berbagi informasi dan akan berkunjung ke lokasi-lokasi yang telah di rekomendasikan oleh Pemko Payakumbuh . Ia menilai sudah tepat rasanya Pemprov NTB datang ke Kota Randang setelah mendengar penjelasan Asisten II Sekdako Payakumbuh.

"Atas nama Pemprov NTB , kami memberikan apresiasi kepada Pemko Payakumbuh dan juga ucapan terima kasih atas informasi yang telah diberikan yang berkaitan dengan IKM," kata Nurhandini yang merupakan Mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTB tersebut.

baca juga: DP3AP2KB Kota Payakumbuh Tunjuk 5 Kelurahan Sebagai Pilot Project Kelompok Ketahanan Keluarga

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah