MAN 2 Solsel Tumbuhkan Jiwa Entrepreneur Siswa Melalui Ekskul

Eka kehumasan MAN 2 Solsel menunjukkan produk dari kegiatan eskul siswanya
Eka kehumasan MAN 2 Solsel menunjukkan produk dari kegiatan eskul siswanya (Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Solok Selatan ( Solsel ) juga berusaha menumbuhkan jiwa entrepreneur anak didiknya melalui kegiatan ekstrakurikuler ( Ekskul ).

"Kalau Ekskul ada 11 macam tetapi yang cukup menonjol ada dua Entrepreneur atau wirausaha dan kelas editing video" kata Wakil Kepala MAN 2 Solsel bidang kehumasan Robi Masdar.

baca juga: Pembangunan Jalan Poros Abai Solsel Dilaksanakan Tahun 2022 Daliyus : Mari Kita Dukung dan Awasi

Dia melanjutkan untuk Entrepreneur saat ini di Madrasah tersebut sudah ada dua produk yakni Muttaqin Coffee dengan bahan baku dari kebun masyarakat dan Muttaqin Snack dengan berbahan jagung kedepannya juga akan dikembangkan budidaya madu.

"Untuk produk Muttaqin Coffee dan Muttaqin Snack dengan kelas 6 jam seminggu pelatihan dimulai dari proses pemetikan buah saat panen, pengolahan produk pengemasan dan penjualan", katanya

baca juga: Ucapkan Sumpah Janji Sebagai Wakil Ketua DPRD Solok Selatan, Yendri Susanto : Terima Kasih Kepada Semua Pihak Yang Telah Membantu

Dibidang akademik imbuhnya, dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 35 orang ditambah delapan tenaga administrasi sekolah tersebut memiliki siswa sebanyak 237 siswa.

"Tahun lalu dari 80 orang lulusan, 32 orang diantaranya berhasil lulus diberbagai perguruan tinggi", katanya.

baca juga: Puluhan Pedagang Gorengan dan Kue Tradisional di Pariaman Dilatih Tingkatkan Kapasitas

Dia berharap kedepannya ada perhatian dari pihak terkait guna meningkatkan mutu sekolah tersebut baik dibidang akademik maupun keterampilan

"Saat ini yang sangat dibutuhkan adalah ruangan belajar dan Laboratorium whorshop guna pengembangan jiwa entrepreneur sebab untuk produk yang ada saat ini proses produksi masih dirumah siswa, begitupun editing video juga masih menggunakan peralatan seadanya", katanya.

baca juga: Bertemu Menko Polhukam dan Menpan RB, Walikota Pariaman Sampaikan Hal Ini

Penulis: Kamisrial | Editor: Eko Fajri