Rumah Belajar Bintang Kurenah Bersiap Menggelar Kurenah Ibuah Festival di Payakumbuh

Rumah Belajar Bintang Kurenah Bersiap Menggelar Kurenah Ibuah Festival di Payakumbuh
Rumah Belajar Bintang Kurenah Bersiap Menggelar Kurenah Ibuah Festival di Payakumbuh (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Rumah Belajar Bintang Kurenah bersiap menggelar Kurenah Ibuah Festival pada 30-31 Oktober 2021 mendatang. Kurenah Ibuah Festival ini sendiri menurut rencana akan digelar secara hybrid yaitu online atau daring dan offline atau luring di Kawasan Ibuah, Kecamatan Payakumbuh Barat.

Direktur Festival Afrizal Harun mengatakan daerah Ibuh atau Ibuah merupakan kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh yang memiliki potensi. Namun Ibuah beberapa potensi ini kurang terekspose dengan baik, mulai dari potensi sejarah yang terdapat pada Patung dan Jembatan Ratapan Ibu, potensi ekonomi masyarakat yaitu Pasar Ibuah Barat dan Timur.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sopir Angkot yang Tangannya Patah dan Anaknya Sakit

"Ibuah juga memiliki potensi seni budaya yang ditunjukkan melalui sanggar seni budaya yang bergerak bidang tari, musik, randai, dan debus, potensi alam yaitu Batang Agam dan potensi kuliner dari warga Ibuah seperti Ujuang-ujuang Ni Meng, Cancang Nanak, Rita Karupuak, Bujang Karupuak, Ong Kawa Daun, Dendeng Pucuak Ubi, Ni Aida, Usaha Susu Kambing Didi, Jagung Rebus Eva, Resha Catering, Ampera Mamak, Nimel Pical, Hj. Tin Catering, Eva Katupek, Susu E Tawa Toni Farm, Semangka Jek, dan Donat Kentang Abu Zaki," katanya.

Selain itu, Afrizal Harun yang juga merupakan dosen di ISI Padang Panjang ini menambahkan bahwa Ibuah juga memiliki potensi komunitas, salah satunya adalah Rumah Belajar Bintang Kurenah yang bergerak dalam pemberdayaan anak dan remaja dibidang olah raga, seni, dan budaya. Kemudian Ibuah juga memiliki potensi SDM melalui 12 RT yang nantinya dapat terlibat secara aktif baik di dalam kepanitiaan, maupun sebagai pengisi acara.

baca juga: Polisi Ungkapkan Kronologi Kebakaran Gudang Minyak di Padang Pariaman

"Masing-masing potensi tersebut dirasa perlu dirajut di dalam sebuah kegiatan berbentuk festival yang berbasis warga. Mengingat Rumah Belajar Bintang Kurenah telah hadir di Ibuah semenjak tahun 2019, dipandang memiliki tanggung jawab moral untuk mewujudkan festival ini sekaligus launching dan anniversary keberadaanya selama dua tahun di Ibuah," ujarnya.

Ia menjelaskan Kurenah Ibuah Festival menjadi nama kegiatan yang digagas, sekaligus dikelola oleh Rumah Belajar Bintang Kurenah yang dilaksanakan secara online dan offline. Nantinya festival ini dikatakannya akan berkolaborasi dengan generasi muda Ibuah, Karang Taruna, pegiat seni budaya dan festival kota Payakumbuh , warga Ibuah, dan lembaga terkait menjadi langkah awal untuk mendorong Kelurahan Ibuh sebagai ikon penting di dalam pergulatan sejarah, ekonomi, seni dan budaya secara nasional, bahkan internasional.

baca juga: Dinas Kehutanan Sumbar-Semen Padang Tanam 1000 Bibit Taxus, Obat Anti Kanker di Gunung Singgalang

"Keterlibatan warga Ibuah di dalam Kurenah Ibuah Festival ini menjadi tolok ukur terciptanya suatu kesadaran di dalam membangun ekosistem kolektif festival budaya berbasis masyarakat yang tumbuh berkembang secara organik. Nantinya festival ini akan berisi beragam konten seperti arak-arakan yang bertolak pada semangat gotong royong dengan menjunjung beberapa potensi ekonomi Pasar Ibuh dan UMKM warga Kelurahan Ibuh, Ota Lapau dengan tema Ibuah: Dulu, Kini, dan Akan Datang dengan narasumber yaitu Roslena pegiat budaya Ibuah, Ketua LPM Ismed Harius, generasi muda Ibuah Fauzan, dan Feni Efendi, penulis memori kolektif yang dimoderatori oleh Dallu Awarta, pengelola Harau FM dan Cici Kenzie, pegiat di ACT, IPEMI, PSM, dan Organisasi Pertab Kota Payakumbuh ," kata Afrizal Harun yang akrab disapa Babab ini.

Menurutnya, Dalam Kurenah Ibuah Festival ini juga akan ada kompetisi Badminton yang melibatkan anak didik Bintang Kurenah, Bintang Harau, dan Bintang Saiyo. Kemudian juga bakal digelar layar tancap dengan film Ini Layanganku, Bujang Paman, Bagurau, dan Sutan Rantau, Senam Sehat bersama Warga, dan Workshop Tari dan Teater.

baca juga: Tim Basket Kota Payakumbuh Tersingkir Dari Perbasi Cup II di Padang

"Selain itu bakalan ada Fun Game dalam bentuk kompetisi runtiah lado, giliang lado, dan kukua karambia manual, pertunjukan seni & atraksi silat, fotografi dan mural dan food Bazar dan kerajinan. Kurenah Ibuah Festival ini sendiri diharapkan menjadi sebuah peristiwa budaya yang diciptakan oleh masyarakat urban perkotaan dengan basis masyarakatnya," ujar Babab.

Lebih lanjut, Babab mengatakan bahwa festival budaya berbasis masyarakat njuga kali pertama di Kelurahan Ibuah dan berharap hadirnya Kurenah Ibuah Festival ini akan menambah satu lagi festival berbasis masyarakat di Sumatra Barat.

"Mari menjadi bagian dari peristiwa budaya di Kelurahan Ibuah, Payakumbuh . Sembari kembali mengingat peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Jembatan Ratapan Ibu," katanya.

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Ramadhani