Kegiatan KIE di Tanah Datar, Darul Siska Sebut Ini Penyebab Capaian Vaksinasi Sumbar Rendah

Anggota Komisi IX DPR RI, Drs. H. Darul Siska memberikan sosialisasi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Infomasi dan Edukasi (KIE) di Kabupaten Tanah Datar
Anggota Komisi IX DPR RI, Drs. H. Darul Siska memberikan sosialisasi pada kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Infomasi dan Edukasi (KIE) di Kabupaten Tanah Datar (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Drs. H. Darul Siska menyebut capaian vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat Sumatera Barat terlihat masih rendah bila dibandingkan dari provinsi lainnya di Indonesia.

"Pencapaian vaksinasi paling rendah karena masyarakat kurang memperoleh sosialisasi dan informasi yang benar terkait vaksin COVID-19. Informasi yang diterima simpang siur dan banyak hoaksnya," ucap Darul saat kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi, Infomasi dan Edukasi (KIE) di Kabupaten Tanah Datar , Senin 18 Oktober 2021.

baca juga: Sekda Pessel: Jamin Program dan Bansos DiberikanKkepada Orang yang Tepat, Nagari Harus Lakukan Ini

Legislator asal daerah pemilihan Sumbar ini menyampaikan kegiatan ini merupakan program kemitraan Komisi IX DPR RI bersama Balai Besar POM di Padang dalam upaya meningkatkan capaian vaksinasi di Sumbar .

"Diharapkan dengan adanya kegiatan KIE sekaligus vaksinasi ini dapat membantu Provinsi Sumbar dalam peningkatan capaian vaksinasi serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya vaksinasi sehingga bisa mengajak saudara dan keluarganya untuk segera melakukan vaksinasi," tutur Darul.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Tribun Pekanbaru Berkembang Gunakan Platform Media Digital

Ia mengimbau masyarakat Sumbar untuk bersedia di vaksin karena dapat meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat mengurangi resiko COVID-19. Menjaga kesehatan sangat penting di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Semetara itu, Kepala BBPOM Padang Firdaus Umar menyampaikan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui KIE ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap keamanan pangan sehingga memiliki pengetahuan yang baik tentang pangan, obat dan kosmetik yang aman agar menjadi cerdas dan mampu mengenali produk yang aman, bermutu, dan bermanfaat.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Diskominfo Dumai Utamakan Kerjasama Media Lokal

"Semakin banyak masyarakat yang sadar pangan dan memiliki pengetahuan yang baik tentang obat dan kosmetik yang aman sehingga terhindar dari produk yang berbahaya bagi tubuh manusia," tutur Firdaus.

Untuk itu, Firdaus mengajak masyarakat untuk melakukan CEK KLIK (Cek Kemasan, Cek Label, cek Izin Edar dan Cek Kadaluarsa) sebelum melakukan pembelian produk makanan, obat dan kosmetik agar kita terhindar dari mengkonsumsi dan menggunakan produk yang berbahaya.

baca juga: Ambulance dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke RS

Pada kegiatan yang juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dan Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zendrianis ini terlihat antusias masyarakat Tanah Datar mengikutinya baik menerima informasi kesehatan maupun vaksinasi yakni diikuti sebanyak 500 orang. (*)

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Ramadhani