Andre Rosiade Bantu Penyandang Disabilitas di Tanah Datar yang 34 Tahun Menderita Tumor Ganas

Pengurus DPD Gerindra Sumbar dan DPC Tanahdatar menyerahkan bantuan uang tunai dan sembako dari Andre Rosiade kepada penyandang disabilitas di Tanahdatar, Novi Yulia Hendra.
Pengurus DPD Gerindra Sumbar dan DPC Tanahdatar menyerahkan bantuan uang tunai dan sembako dari Andre Rosiade kepada penyandang disabilitas di Tanahdatar, Novi Yulia Hendra. (Ist)
TANAHDATAR, KLIKPOSITIF

- Meski sang anak Novi Yulia Hendra mengalami lumpuh yang disertai tumor ganas sejak 34 tahun, Syamsiar tidak pernah lelah untuk merawat anak sulungnya itu. Dia pun, tak pernah berkeluh kesah dan terus tegar menghadapi cobaan yang mendera anaknya.

Bahkan di tengah keterbatasan ekonomi, wanita berusia 59 tahun yang tinggal di Jorong Padang Datar, Nagari Tanjung Barulak, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar , Provinsi Sumbar itu, terus berusaha memberikan perawatan terbaik untuk sang anak.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Tribun Pekanbaru Berkembang Gunakan Platform Media Digital

"Novi ini dia mengalami hydrosefalus sejak lahir dan juga mengalami penyakit lain yang menyertainya, serta tumur ganas," kata Syamsinar didampingi suaminya Amri Rizal (64), saat dikunjungi rombongan dari pengurus DPD Partai Gerindra Sumbar yang datang ke rumahnya untuk melihat kondisi Novi, Minggu (17/10/2021).

Selain melihat kondisi Novi, rombongan tersebut juga menyerahkan bantuan dari anggota DPR RI Andre Rosiade berupa uang tunai dan sembako untuk keluarga Novi. Rombongan itu terdiri dari Wakil Ketua Nurhaida dan Romi Agusta, Wakil Sekretaris Zulkifli, serta Wakil Ketua DPC Gerindra Tanah Datar Ade Irma Suryani yang turut hadir mendampingi rombongan tersebut.

baca juga: Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Diskominfo Dumai Utamakan Kerjasama Media Lokal

Syamsinar menyebut, meski mengalami hydrosefalus dan sempat tidak bisa berjalan, namun Novi tetap sekolah. Bahkan, bisa menyelesaikan pendidikannya hingga SMA. Tapi sejak tamat SMA tahun 2011, kondisinya memburuk dan sekarang ini tak bisa banyak bergerak. "Waktu sekolah kami antar jemput. Kami gendong juga, karena tidak bisa berjalan," ujarnya.

Saat lahir, terdapat gumpalan tumor besar di bagian belakang tubuh Novi. Pemda Tanah Datar pada tahun 1988 yang saat itu bupatinya Ikasuma Hamid, sudah pernah memberikan bantuan kepada Novi berupa bantuan biaya untuk operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

baca juga: Andre Rosiade Minta Menteri Erick Turunkan lagi Harga Tes PCR di RS-Lab BUMN

"Setelah operasi, Novi bisa berjalan, tapi tidak seperti orang normal dan harus ditopang. Dan sejak 10 tahun terakhir ini, Novi tak banyak bergerak. Setiap hari harus menggunakan diapers atau popok dewasa. Karena tidak mampu pindah sendiri ke kamar mandi sekadar untuk buang air kecil sekalipun," bebernya.

Terkait dengan bantuan dari Andre Rosiade , Novi sangat berterima kasih atas bantuannya. Dan, memang beberapa waktu lalu, dirinya pernah mengirimkan pesan melalui WhatsApp dan Instagram kepada Andre Rosiade yang dia kenalnya melalui media sosial. Pesan itu dikirimnya, karena terdesak kebutuhan.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Modal Penjual Kacang Ramang dan Jagung Keliling

"Alhamdulillah, hari ini Pak Andre mengirim tim Gerindra datang menyerahkan bantuan untuk saya. Terima kasih Pak Andre dan Partai Gerindra yang peduli kepada saya. Sampaikan juga salam kepada Pak Prabowo Subianto yang sedang berulang tahun," kata Novi.

Novi menyebut, aktivitasnya saat ini hanya duduk di kamar, dan sekali sebulan harus konsultasi ke rumah sakit, baik di Padang atau di Tanah Datar . "Untuk berobat memang ada BPJS. Tubuh saya juga semakin sensitif dan harus menggunakan perban atau obat-obatan yang tidak ditanggung BJPS. Biaya operasional ke rumah sakit dengan kursi roda ini yang berat. Ibu dan bapak harus bekerja keras," ujar Novi

Wakil Ketua DPD Gerindra Sumbar Nurhaida yang juga Sekretaris PD Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sumbar mengaku prihatin dengan kondisi Novi. Mereka sengaja datang langsung ke Tanah Datar untuk menyerahkan bantuan kepada Novi. "Kami antarkan langsung uang tunai dari Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade untuk kebutuhan sehari-hari dan juga sembako untuk Novi. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban Nopvi dan keluarganya," kata Nurhaida.

Di tempat terpisah, Andre Rosiade mengakui bahwa dirinya memang benar dihubungi oleh Novi dan Novi pun menceritakan kondisinya saat ini, sehingga dia langsung menghubungi pengurus DPD Gerindra Sumbar. "Kami minta sementara dikirimkan bantuan sembako dan uang tunai untuk kebutuhan sehari-hari," kata Andre.

"Semoga bantuan ini bermanfaat. dan kami juga minta DPC Gerindra Tanah Datar untuk terus memantau kondisinya Novi," tambah Ketua Harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.(*)

Editor: Riki