Hari Ini Seorang Warga Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Tanah Datar, Dinkes : Capaian Vaksinasi Baru 29 Persen

Ilustrasi warga divaksin COVID-19
Ilustrasi warga divaksin COVID-19 (ist)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Hari ini seorang warga Kabupaten Tanah Datar terkonfirmasi positif COVID-19 dan 2 orang pasien dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar Yesrita Zedrianis di Batusangkar, Kamis, 21 Oktober 2021 menyampaikan bahwa pihaknya mencatat kasus konfirmasi positif COVID-19 hari ini bertambah 1 orang dan pasien sembuh 2 orang.

baca juga: Ini Ketentuan Biaya RT-PCR yang Hasilnya Selesai Lebih Cepat

Ia menyebut 1 orang yang terpapar COVID-19 adalah Laki-laki usia 71 tahun, warga Kecamatan Limo Kaum.

Disebutkan, data rekapan kasus konfirmasi positif sampai pukul 15.00 Wib adalah sebanyak 4.972 orang yang terdiri dari sembuh sebanyak 4.732 orang, meninggal dunia 173 orang, pasien dirawat di rumah sakit 17 orang, dan isolasi mandiri 59 orang.

baca juga: Strategi Satgas COVID-19 Cegah Masuknya Varian Omicron ke Indonesia

Ia terus mengingatkan seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 dan mengajak warga untuk mau melaksanakan vaksinasi agar mengurangi resiko dan penyebaran COVID-19.

Yesrita mengatakan pelaksanaan vaksinasi hingga saat ini terus berjalan, berdasarkan data dari KTP elektronik masyarakat, vaksinasi telah mencapai 29 persen dan diupayakan terus ditingkatkan.

baca juga: Layanan Antar Jemput, Cara Polres Solok Percepat Vaksinasi Covid-19

"Kita terus berupaya agar capaian vaksinasi di Tanah Datar berjalan sesuai yang diharapkan. Capaian saat ini masih sangat rendah tidak sampai 40 persen sehingga berdampak pada kenaikan PPKM ke level 3 dari level 2," tutur Yesrita.

Sementara itu, Wakil Bupati Richi Aprian menyampaikan untuk memenuhi capaian target vaksinasi di Tanah Datar , perlu adanya kerjasama seluruh sektor dalam penyelenggaran di lapangan sesuai dengan fungsi dan perannya masing-masing.

baca juga: Berbeda dari Sebelumnya, Ini Gejala-gejala Terserang Virus Corona Varian Omicron

"Kita perlu meningkatkan kembali semangat yang sama terkait pelaksanaaan vaksin ini, apapun kendala yang dihadapi segera laporkan, koordinasi harus lebih baik lagi," tutur Richi.

Untuk percepatan vaksinasi, Pemkab Tanah Datar akan melakukan beberapa strategi diantaranya meningkatkan pelayanan vaksinasi, advokasi, edukasi dan sosialisasi.

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri