Safaruddin Promosikan Produk UMKM Lima Puluh Kota di Apkasi Otonomi Expo 2021

Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo pada kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (21/10).
Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo pada kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021 di JCC Senayan Jakarta, Kamis (21/10). (Ist)

LIMA PULUH KOTA , KLIKPOSITIF - Bupati Lima Puluh Kota , Safaruddin Datuak Bandaro Rajo mempromosikan produk UMKM dari Luak Nan Bungsu pada kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021 di JCC Senayan Jakarta, Kamis 21 Oktober 2021.

Pada kesempatan itu, Safaruddin bersama Ketua TP PKK Ny. Nevi Safaruddin mempromosikan Songket Halaban, Tenun Kubang, Batik Gambir, Kombuik Taratak, dan Jeruk Siam Gunuang Omeh (Jesigo).

baca juga: BAMUS Nagari Sitapa Lima Puluh Kota Serahkan Ranpernag kebudayaan Pada Wali Nagari

Dia juga memaparkan beberapa destinasi wisata sekaligus mengajak pengunjung stand stage untuk datang ke Kabupaten Lima Puluh Kota menikmati ke indahan alam, adat dan budaya berikut beragam kuliner khas daerahnya.

Disampaikan Safaruddin, keberagaman produk kerajinan masyarakat yang ada di Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki kualitas dan kuantitas baik. Untuk mendukung itu, pemerintah daerah terus melakukan berbagai bentuk promosi agar produk UKM dan UMKM mendapatkan posisi strategis di pasarnya.

baca juga: RKN Berencana Mundur Sebagai Ketua LPTQ, Buya: Kita Jadi Wabup Jangan Cengeng

"Upaya dan langkah-langkah strategis berikut platform menagemen yang baik menjadi salahsatu prioritas kerja kita bersama dinas terkait," katanya, Kamis (21/10).

Menurut dia, setiap potensi yang memberikan penambahan kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) perlu dimanfaatkan serta digarap secara profesional dan proporsional. Menurutnya setiap sektor yang memiliki potensi di kelola dengan baik akan berdampak positif kepada masyarakat secara ekonomi.

baca juga: Siplah Toko Ladang Ajak UMKM Lima Puluh Kota Menuju Pasar Digital

"Di kelola dengan baik, jujur dan amanah. Tentu diiringi dengan profesional dan proporsi kerja. Perubahan zaman menuntut setiap kita berinovasi. pemerintah Limapuluh bergerak untuk kemajuan karena ini tanggung jawab sebagai kepala daerah," jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Ayu Nitria Fadri mengatakan pihaknya terus melakukan inventaris setiap UKM dan UMKM di daerah sehingga tercatat dan terverifikasi serta dapat dilakukan pendampingan atau advokasi secara baik.

baca juga: Pemerhati Kritisi Rencana RKN yang Akan Mundur Sebagai Ketua LPTQ Lima Puluh Kota

"Akan terus kami dampingi secara baik sehingga UKM dan UMKM yang ada semakin mandiri dalam setiap usaha. Tujuan nya sama yakni untuk menggerakan roda perekonomian masyarakat," jelasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat