Unand Mencari Tokoh Berpengaruh Menjadi Anggota Majelis Wali Amanat

Ketua Senat Akademik Universitas Andalas atau Unand Syafrizal Sy (tengah) bersama Ketua Panitia Pemilihan MWA Unand Khairul Fahmi (kiri)
Ketua Senat Akademik Universitas Andalas atau Unand Syafrizal Sy (tengah) bersama Ketua Panitia Pemilihan MWA Unand Khairul Fahmi (kiri) (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Setelah resmi berstatus PTN-BH, Universitas Andalas mulai melengkapi struktur organisasi semestinya kampus yang PTN-BH sesuai aturan. Salah satunya memilih Majelis Wali Amanat (MWA) Unand periode 2021-2026.

Ketua Senat Akademik Universitas Andalas atau Unand Syafrizal Sy mengungkapkan, nama-nama calon tersebut disaring berdasarkan penerimaan pendaftaran dan verifikasi kelengkapan persyaratan bakal calon anggota MWA Unand .

baca juga: Ditjen Perumahan PUPR Bangun Rusun Serasa Apartemen bagi ASN Unand

"Ada 14 posisi anggota MWA Unand . Mereka merupakan calon anggota MWA Unand perwakilan dosen profesor, dosen lektor kepala, alumni, tenaga kependidikan, dan mahasiswa," ujarnya saat konferensi pers, Jumat (21/10/2021).

Dia menjelaskan, WMA setara dengan komisaris dalam sebuah perusahaan, mereka adalah orang-orang yang punya jaringan dan pengaruh agar Unand bisa lebih maju dan mendapatkan pemasukan lebih.

baca juga: Andre Rosiade Minta Aneka Tambang Bikin Smelter Nikel

Syafrizal menerangkan, tanggungjawab PTN-BH cukup besar bagi pengelola kampus . Untuk pemasukan harus yang dicapai sebesar Rp 10 miliar pertahun.

"Yang jelas, anggota MWA Unand tidak boleh berafiliasi dengan partai politik," tegasnya.

baca juga: Andre Rosiade Dukung Penerbangan Garuda Indonesia untuk Haji dan Umrah

Ia membeberkan, untuk calon anggota MWA dari perwakilan masyarakat sudah ada 6 nama diusulkan rektor selanjutnya akan dipilih menjadi tiga orang untuk mengisi posisi anggota MWA Unand . beberapa calon MWA Unand wakil dari masyarakat ada yang menjabat di kementerian, BUMN , atau TNI.

"Sesuai aturan, untuk wakil masyarakat ini diusulkan rektor . Nama - namanya besok akan diumumkan," katanya.

baca juga: Peringati Hari Menanam Pohon, PLN Sumbar Tanam 2000 Bibit Pohon

Pihaknya akan mengumumkan secara resmi enam calon MWA Unand dari wakil masyarakat pada Sabtu (23/10/2021)

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan MWA Unand Khairul Fahmi mengatakan, Pemilihan anggota MWA akan terbagi dalam dua jadwal. Pemilihan MWA wakil mahasiswa dan tenaga kependidikan akan dilaksanakan pada Senin (25/10/2021).

"Adapun pemilihan MWA wakil dosen dan masyarakat akan dilaksanakan pada Selasa depan," terangnya.

Editor: Joni Abdul Kasir