Dies Natalis ke 67, UNP Launching Menuju PTN-BH

Dies Natalis ke 67, UNP Launching Menuju PTN-BH
Dies Natalis ke 67, UNP Launching Menuju PTN-BH (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Prosesi Upacara Dies Natalis Universitas Negeri Padang ( UNP ) yang ke-67 tanggal 25 Oktober 2021, digelar secara Luring dan Daring, dalam bentuk Rapat Senat Terbuka di Gedung Auditorium UNP .

Setiap tanggal 23 Oktober, merupakan hari bersejarah bagi UNP . Ini karena pada tanggal tersebut merupakan momentum pertama perjalanan eksistensi UNP , yang awalnya merupakan sebuah perguruan tinggi bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) di Batusangkar, didirikan tanggal 1 September 1954 dan kemudian diresmikan tanggal 23 Oktober 1954, bersamaan diresmikannya 2 (dua) perguruan tinggi Pendidikan Guru (PTPG) waktu itu, PT PG Malang, PTPG Bandung yang menjadi cikal bakal lahirnya IKIP Malang, IKIP Bandung dan IKIP Padang.

baca juga: Gelar Vaksinasi Gotong Royong untuk Pencegahan Covid-19, PLN Kolaborasi dengan Sejumlah Instansi

Perayaan Dies Natalis UNP ke-67 tahun ini bertemakan "PTN BH UNP Berinovasi dan Berprestasi menghasilkan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju" menjadi momentum untuk kebangkitan UNP . Dalam Peringatan Dies Natalis yang ke-67 ini, kegiatan dimulai dengan Pekan Dies Natalis yang diisi oleh berbagai kegiatan ilmiah dan sosial berupa webinar nasional dan Internasional, Darmawanita Persatuan UNP peduli covid 19. Lomba prodi berprestasi, pelaksanaan Pra-Munas Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI). Kegiatan pertandingan olahraga yang digelar oleh Iluni UNP di wilayah Kepulauan Riau/ Batam, serta penandatanganan MoU dengan beberapa lembaga mitra, semua kegiatan dilakukan dengan luring dan daring, sebagai wujud adaptasi akademik di tengah pandemi.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim memberikan sambutannya secara daring dalam Dies Natalis kali ini. Selain itu juga ada sambutan secara luring oleh Rektor UNP , Prof. Ganefri, Ph,D, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Irwan Syahril, Ph.D dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah, S.P. Di samping acara juga hadir pimpinan UNP di tingkat universitas dan fakultas, pimpinan organisasi kemahasiswaan serta wakil dari civitas akademika UNP lainnya.

baca juga: Meriahnya 'Baralek' FMIPA UNP Bersama Wagub Sumbar

Dalam Dies Natalis ke 67 ini, merupakan momentum perubahan UNP dari PTN BLU menuju PTN BH, yang dilatarbelakangi oleh beberapa hal, diantaranya (1) PTN BH mampu memberikan kemandirian pada pengelolaan dalam berbagai bentuk bidang seperti bidang keuangan sarana dan prasarana serta ketenagakerjaan, (2) PTN BH dapat melahirkan percepatan inovasi melalui pengembangan IPTEK yang lebih luas untuk mengembangkan lembaga, (3) PTN BH, merupakan otonomi perguruan tinggi diharapkan dapat merancang kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan perubahan, dan (4) PTN BH menuntut adanya perubahan yang meningkat dalam perguruan tinggi negeri tersebut secara reputasi maupun kualitasnya. Baik secara institusi maupun sumber daya begitu pula dengan lulusannya. Karena tujuan awal perguruan tinggi negeri berubah statusnya menjadi berbadan hukum adalah untuk meningkatkan kualitas lulusannya yang berdaya saing global.

Pada kesempatan ini Rektor UNP juga menyampaikan capaian kinerja UNP yang progress dalam 5 Tahun terakhir dalam bidang kelembagaan, dosen dan tenaga kependidikan, pembelajaran, kemahasiswaan, pengelolaan keuangan, dan inovasi layanan akademik. Juga di samping berbagai inovasi dan prestasi kelembagaan UNP , dosen dan mahasiswa, baik di tingkat Internasional maupun nasional.

baca juga: Universitas Negeri Padang Resmi Menjadi PTNBH

Dalam rangkaian dies natalis UNP Ke 67 ini, Bank Nagari juga memberikan beasiswa pendidikan senilai Rp. 499.200.000 kepada mahasiswa UNP . Selain itu, pada moment ini, Rektor UNP juga menyerahkan secara langsung penghargaan program studi berprestasi kategori Program D III dan D IV/S1 atas capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun 2020 tingkat Fakultas dan Universitas selingkungan UNP .

Editor: Fitria Marlina