Bulan Bakti Karang Taruna Sumbar, Gubernur Ajak Pemuda Berperan Aktif Mendukung Program Pemerintah

Guber Sumbar dan Walikota Pariaman bersama kader Karang Taruna melepas Penyu di area Konservasi Penangkaran Penyu dan Mangrove Park Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.
Guber Sumbar dan Walikota Pariaman bersama kader Karang Taruna melepas Penyu di area Konservasi Penangkaran Penyu dan Mangrove Park Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. (Ist)
PARIAMAN, KLIKPOSITIF

- Pencanangan Bulan Bakti Karang Taruna (BBKT) Tingkat Provinsi Sumbar di Kota Pariaman tahun 2021, dibuka Gubernur Mahyeldi Ansharullah bersama Walikota Pariaman Genius Umar dan Ketua Karang Taruna Sumbar Mahdianur Musa, Minggu (24/10/2021).

Bertempat di are Konservasi Penangkaran Penyu dan Mangrove Park Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, kegiatan BBKT yang digelar selama 2 hari dari tanggal 23-24 Oktober itu, juga diikuti Karang Taruna Kabupaten Kota se- Sumbar , Forkompimda Sumbar dan Kota Pariaman serta Kepala Dinas Sosial se- Sumbar .

baca juga: PKBM Dharma Nagari Solok Selatan Latih Barrista Kopi Dengan Program Life Skill

Kegiatan yang dilakukan pada BBKT 2021 ini antara lain, pelepasan Tukik (Penyu), penanaman Mangrove, vaksinasi massal dan bedah rumah, serta penyerahan bantuan semen dari PT Semen Padang melalui Karang Taruna Provisi Sumbar .

Gubernur Sumabar Mahyeldi Ansharulah berpesan, kader Karang Taruna harus berperan aktif dalam mendukung program pemerintah terkait persoalan sosial , dan mengimbau pemerintah daerah serta sektor swasta untuk lebih melibatkan Karang Taruna dalam sinergi program pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat.

baca juga: Musorkablub KONI Pessel Siap Digelar, Pendaftaran Calon Ketua Dibuka Mulai Hari Ini

Mahyeldi juga mengapresiasi Kota Pariaman yang sukses sebagai tuan rumah BBKT dan Bulan Bhakti Kesejahteraan Sosial (BBKS) Provinsi Sumbar tahun 2021, karena menurutnya kegiatan tersebut membuktikan sinergi antara daerah dan provinsi serta Karang Taruna yang menghasilkan banyak manfaat, baik untuk Kota Pariaman maupun masyarakat sekitar.

"Pemilihan Kota Pariaman sudah tepat, di mana Dinas Sosial Provinsi dan Karang Taruna Sumbar menetapkan Kota Pariaman yang sudah maju dan menjadikan kota ini sebagai tujuan pariwisata di Provinsi Sumbar ," kata Mahyeldi.

baca juga: Gubernur Sebut Pembangunan Tol Padang - Pekanbaru Untungkan Semua Pihak

Orang nomor satu di Sumbar ini juga mengungkapkan bahwa Kota Pariaman, dalam hal ini Walikota Pariaman Genius Umar yang terpilih sebagai Co President TPO for Asia Pasific Cities, telah menyulap wajah dan pembangunan Kota Pariaman yang berwawasan pariwisata dan menjadikanya sebagai Visi daerah, serta telah membawa kota ini semakin maju dari tahun ke tahun.

"Memang Kota Pariaman ini dari segi destinasi adalah pariwisata semua. Jadi sangat tepat sekali kepada Kepala Dinas dan instansi vertical yang ada di Sumbar mengadakan dan membuat kegiatan di Kota Pariaman," ungkap Mahyeldi disambut tepuk tangan oleh semua yang hadir.

baca juga: Pemko Pariaman Minta ATCS ke Kemenhub, Ini Fungsinya

Mahyeldi juga mengatakan bahwa provinsi tidak mempunyai wilayah, dan yang mempunyai wilayah adalah daerah kabupaten/kota yang dalam hal ini bupati dan walikota. "Karena itu, sudah tepat bila Pak Walikota meminta bantuan kepada provinsi," imbuhnya.

Semantara Walikota Pariaman Genius ketika memberikan sambutan pada malam temu ramah sekaligus pembukaan BBKT dan BBKS di Hotel Safari Inn, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan pada Sabtu (23/10/2021) malam, meminta agar
pemuda harus lebih aktif berkontribusi untuk daerah.

"Pemuda harus lebih lincah dan harus berani action dengan apa yang mereka bisa. Pemuda jangan sampai menjadi pemuda yang NATO (Not Action Talk Only), bisanya hanya bicara tanpa melakukan apa-apa," kata Genius.

Genius Umar juga mengajak para Ketua Karang Taruna dan jajaran yang berasal dari kabupaten dan kota untuk mulai berbuat, mengerahkan daya dan upaya yang ada untuk membangun daerah di mana mereka tinggal.

"We do Action, mulai dari sekarang, bangun daerah kita masing-masing dengan kemampuan dan keahlian yang kita punya. Kita mulai saja, karena seiring berjalanya waktu, nantinya akan menjadi sebuah pengalaman bagi kita dalam mengambil keputusan dan akan membuat kita semakin matang kedepanya," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Sumbar Mahdianur Musa mengapresiasi dukungan dari Pemko Pariaman atas pelaksanaan BBKT tingkat di Kota Pariaman. Ia mengatakan bahwa tanpa dukungan pemerintah dan stakeholder yang ada di Kota Pariaman, mustahil kegiatan ini bisa berjalan baik.

"Kami menyampaikan terimakasih kepada walikota dan juga Sekdako Pariaman atas dukungan kepada Karang Taruna Kota Pariaman, sehingga kegiatan tahunan Karang Taruna ini bisa dilaksanakan dengan lebih baik dan juga kami bangga dengan kawan-kawan Karang Taruna Kota Pariaman yang secara serius menggarap agenda tahunan ini. Kita berharap ke depan banyak kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Pariaman bisa dilakukan oleh Karang Taruna , " kata Mahdianur.

Kepada Karang Taruna Kabupaten Kota yang hadir pada BBKT ini, Mahdianur menyampaikan ucapan terimakasih, "Tak ada jarak yang jauh oleh Kader Karang Taruna . Walau berasal dari daerah yang jauh dari lokasi ditambah cuaca yang kurang bersahabat, namun semangat dan antusiasme peserta BBKT sangat kami apresiasi. Kekompakkan dan kebersamaan inilah ciri Karang Taruna yang harus kita jaga dan pelihara sehingga kedepan Karang Taruna se- Sumbar semakin solid dan dirasakan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Mahdianur berharap, pada kegiatan BBKT ini akan bertambah lebih baik mengacu kepada pelaksaan di Kota Pariaman tahun ini, dan mengimbau kepada Karang Taruna Kabupaten Kota untuk lebih intens berkegiatan dan tetap berkoordinasi dengan pemerintah serta dinas terkait di daerah masing-masing.

"Kita berharap juga dukungan dan pembinaan Pemerintah serta Dinas terkait terhadap Karang Taruna di wilayah masing-masing lebih maksimal lagi kedepan," pungkas Mahdianur. (*/rel)

Editor: Riki