Harga Cabai Merah di Pariaman Terus Naik

Pedagang cabai
Pedagang cabai (Rehasa)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Harga cabai merah terpantau naik Rp10 ribu per kilogram di Pasar Rakyat Pariaman . Begitupun dengan harga minyak goreng, baik minyak curah maupun kemasan.

"Harga cabai merah naik sudah empat hari ini. Sekarang satu kilogram Rp40 ribu yang sebelumnya cuma Rp30 ribu. Kalau minyak goreng curah naik sekitar Rp2 ribu hingga Rp3 ribu. Kalau kemasan naik juga seharga Rp4 ribu," ungkap Gusniati Eni pada KLIKPOSITIF , Selasa 26 Oktober 2021.

baca juga: Ambulance dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke RS

Kenaikan harga cabai merah, kata Eni lagi, terjadi karena pasokan berkurang, mungkin petani enggan berladang sebab cabai murah dan ada yang gagal panen.

"Meskipun harga barang kebutuhan pokok tersebut mengalami kenaikan namun tidak mempengaruhi daya beli masyarakat karena naiknya tidak begitu signifikan," ulas Eni.

baca juga: Puluhan Pedagang Gorengan dan Kue Tradisional di Pariaman Dilatih Tingkatkan Kapasitas

Selain cabai merah mengalami kenaikan harga, lanjutnya minyak goreng juga mengalami kenaikan harga yakni minyak kemasan dari Rp30 ribu per liter menjadi Rp34 ribu per liter sedangkan minyak goreng curah dari Rp16 ribu per liter menjadi Rp18 ribu per liter.

"Kenaikan minyak ini sudah terjadi dalam satu bulan ini, penyebabnya mungkin karena pasokan minyak sawit berkurang," katanya.

baca juga: Bertemu Menko Polhukam dan Menpan RB, Walikota Pariaman Sampaikan Hal Ini

Dikatakannya juga, untuk bahan kebutuhan pokok yang mengalami penurunan harga yakni bawang merah dari Rp25 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram dan kentang dari Rp12 ribu menjadi Rp10 ribu per kilogram.

Lalu, cabe rawit dari Rp30 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram,untuk harga tomat dari Rp10 ribu per kilogram menjadi Rp5 ribu per kilogram, dan harga telur juga mengalami penurunan dari Rp35 ribu menjadi Rp30 ribu per papan atau per-30 butir.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sopir Angkot yang Tangannya Patah dan Anaknya Sakit

"Sedangkan untuk bahan kebutuhan pokok yang harganya masih stabil yaitu bawang putih Rp20 ribu per kilogram dan gula Rp13 ribu per kilogram," ulas Eni.

Ia memprediksi sejumlah kebutuhan pokok akan meningkat menjelang natal dan pergantian tahun namun tidak begitu signifikan di Pariaman .

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani