Resmi Nahkodai HIPMI Sumbar, Brian Putra Bastara Akan Permudah Akses Pendanaan Pengusaha Muda

Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Mardani H. Maming dan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat, Brian Putra Bastara
Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI, Mardani H. Maming dan Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumatera Barat, Brian Putra Bastara (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Resmi dilantik sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI ) Sumatera Barat, Brian Putra Bastara berkomitmen akan membantu pengusaha muda dapatkan akses pendanaan.

Menurut Brian, pendanaan adalah salah satu masalah umum yang dialami oleh pengusaha muda di daerah, khususnya di Sumbar untuk itu ia akan membantu mendapatkan akses pendanaan yang mudah.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Modal Penjual Kacang Ramang dan Jagung Keliling

Dia juga menyebutkan sudah menjalin kerjasama dengan Bank BRI serta lembaga non bank seperti peer to peer landing, dan crowdfunding untuk penyediaan pendanaan alternatif bagi pengusaha .

Di sisi lain, ia juga berencana memberikan edukasi dan pembekalan bisnis untuk pengusaha pemula yang diharapkan dapat membantu kelancaran bisnis nantinya.

baca juga: Google Dukung Ekonomi Digital bagi UMKM Indonesia, Ini Kata Menkeu

"Pendanaan sangat penting, namun edukasi juga perlu dilakukan, maka dari itu kami nanti akan buat Modul Usaha untuk pemula yang ingin membangun bisnisnya," jelas dia, Selasa (26/10).

Modul tersebut berisi seputar mindset, soal perizinan berusaha hingga perbankan. Dengan itu, akan bisa menumbuhkan semangat kolaboratif.

baca juga: Bangun Perekonomian, Wako Solok Imbau Masyarakat Beli Produk UMKM

Namun secara garis besar, Brian menegaskan bahwa kedepan, HIPMI Sumbar sendiri akan mengaplikasikan semangat inovasi dan kolaborasi itu dengan pengadaan HIPMI Display dan Festival UMKM .

"Masih banyak lagi sebenarnya, kami sudah menyiapkan 30 sampai 40 program," kata Brian yang akan menahkodai HIPMI Sumbar hingga 2024 nanti.

baca juga: Sistim OSS-RBA Permudah UMKM Urus Izin Usaha

Sementara itu di sisi lain, Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI , Mardani H. Maming berharap agar HIPMI Sumbar mendukung program-program pemerintah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Apalagi, Pemprov Sumbar sendiri ingin menciptakan 1000 enterpreneur, saya harap HIPMI Sumbar bisa mengambil peran disana," kata dia.

Pasalnya saat ini, menurut Mardani, pemuda punya kesempatan yang lebih luas di era digitalisasi.

"Jadi seiring dengan itu, sudah saatnya HIPMI Sumbar mengambil peran tersebut," pungkasnya kemudian.

Editor: Joni Abdul Kasir