Usai Menerkam, Harimau di Solsel Seret Sapi Sejauh 20 Meter

Jasman menunjukkan lokasi sapi dikuburkan usai diterkam harimau
Jasman menunjukkan lokasi sapi dikuburkan usai diterkam harimau (KLIKPOSITIF/Kaka)

SOLSEL , KLIKPOSITIF - Jasman salah seorang anggota Kelompok Pecinta Alam (KPA) di Solok Selatan mengatakan harimau sempat menyeret anak sapi sejauh 20 meter kearah bukit dari lokasi diterkam pertama.

"Saya dapat informasi ada konflik satwa dari Sekretaris Nagari Lubuk Gadang Utara sekitar pukul 20.30 wib dan lansung menuju lokasi, setelah sampai di lokasi terlihat dari bekas yang ada anak sapi diseret sejauh 20 meter dari lokasi diterkam pertama", kata Jasman sambil menunjukkan kondisi tersebut kepada tim Klikpositif yang datang ke lokasi.

baca juga: KONI Kota Payakumbuh Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum

Dia melanjutkan kondisi sapi saat ditemukan ada bekas taring di leher belakang dan bekas gigitan seta cakaran pada bagian tubuh lainnya. "Dari bekas yang ada sepertinya diterkam dari belakang", katanya.

Dia menambahkan melihat kondisi yang ada pihaknya bersama beberapa orang lainnya mengevakuasi bangkai sapi tersebut untuk dikuburkan. "Dari yang saya pelajari, harimau, polanya memang seperti itu, diterkam diseret, ditinggalkan, kemudian didatangi kembali untuk dimakan, sehingga kami berinisiatif, untuk mengevakuasi dan menguburkan bangkai sapi tersebut", katanya.

baca juga: PN Pasbar Gelar Sidang Perdana Gugatan SK Pemberhentian Ketua DPRD

Seksi Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Wilayah IV melalaui Warman mengatakan pihaknya datang ke lokasi untuk melakukan investasi dan mengumpulkan informasi. "Seharusnya sama pimpinan saya Pak David, tapi beliau ada rapat di balai sehingga saya yang datang kesini, karena kami termasuk satgas penanganan konflik satwa", katanya.

Dia menambahkan pihaknya telah melaporkan peristiwa konflik satwa tersebut ke BKSDA untuk tindakan selanjutnya. "Siang ini BKSDA turun, nanti bagaimana tindakan selanjutnya kami sampaikan kembali", katanya

baca juga: Menteri Desa Tetapkan Puncak Pelaksanaan Hari Bhakti Transmigrasi ke 71 di Pessel

Penulis: Kamisrial | Editor: Ramadhani