Buka Lapangan Kerja, BLK Batusangkar Latih Penjahit Seprai

Pelatihan Penjahit Seprai di BLK Batusangkar
Pelatihan Penjahit Seprai di BLK Batusangkar (humas Pemkab)

TANAH DATAR , KLIKPOSITIF - Dalam upaya menciptakan usahawan baru dan membuka lapangan kerja, Balai Latihan Kerja (BLK) Batusangkar Kabupaten Tanah Datar , Sumbar, melatih sebanyak 16 orang untuk mahir menjahit seprai (bed cover).

"BLK sebagai salah satu lembaga pelatihan berbasis kompetensi sangat strategis dalam upaya melaksanakan dan mewujudkan program unggulan Tanah Datar ," ucap Wakil Bupati Richi Aprian saat membuka Pelatihan Menjahit Bed Cover sekaligus meresmikan Gedung BLK di Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum. Selasa 2 November 2021.

baca juga: Januari 2022, KPU Tanah Datar Tetapkan 264.348 Orang Masuk DPB

Wabup menyebut yang menjadi perhatian utama adalah masalah pemasaran hasil produksi dan bagaimana peserta dapat dilakukan bimbingan secara terus menerus usai pelatihan .

"Hasil produksi peserta pelatihan hendaknya mempunyai ciri khas ataupun kelebihan dari produk lain, sehingga menjadi pilihan pertama atau laku di pasaran, mungkin disinilah diperlukan bimbingan dan arahan dari dinas terkait," tutur Richi.

baca juga: Pemkab Tanah Datar Mulai Terapkan Pemeriksaan QR Code Peduli Lindungi di Instansi Pemerintahan

Sementara itu Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker) Tanah Datar Zarratul Khairi menyampaikan sampai 2020 pihaknya mencatat ada sebanyak 5.312 orang pencari kerja terdiri dari 2.008 orang laki-laki dan 3.304 orang perempuan dengan jenjang pendidikan SLTA, Diploma ataupun Strata 1.

" Pelatihan menjahit bed cover kali ini sengaja mengambil peserta yang telah ikut pelatihan yang sama dan berpotensi mengembangkan usaha, sehingga keterampilan semakin meningkat, usaha berkembang dan membuka lapangan perkerjaan baru," tutur Zarratul.

baca juga: Magistra Indonesia Kupas Trik Penulisan Esai secara Daring, Simak Bahasannya!

Ia menyebut untuk Gedung BLK ini dulunya adalah gudang buku yang kemudian direhab menjadi gedung yang lebih menunjang pelatihan lain.

"Gedung baru ini ke depan bisa dilaksanakan untuk pelatihan kelistrikan, perbengkelan, otomotif dan lainnya. Khusus otomotif, saat ini pelatihan untuk sepeda motor ke depan kita harapkan juga ada pelatihan untuk mobil," tutur Zarratul.

baca juga: Monitoring Vaksinasi di Polres Tanah Datar, Ini Pesan Kabid Humas Polda Sumbar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Haswandi