Selain Penegak Hukum, BNNK Pasbar Sebut Wartawan Harus Ikut Andil Berantas Narkoba

Salah seorang pemateri acara workshop dari Koresponden Indosiar/SCTV Sumbar, Juhardio Anse tentang Citizen Journalism
Salah seorang pemateri acara workshop dari Koresponden Indosiar/SCTV Sumbar, Juhardio Anse tentang Citizen Journalism (Irfansyah Pasaribu)

PASBAR , KLIKPOSITIF - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat menyebutkan selain dari penegak hukum, wartawan juga memiliki peranan penting dalam pemberantasan narkoba.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BNNK Pasaman Barat , Irwan Effenry di acara Workshop tentang Penguatan Kapasitas Insan Media untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba di aula Hotel Gucci, Rabu (3/11/2021).

baca juga: Harimau Sumatera Muncul di Kebun Sawit, BKSDA Resor Agam: Mencari Makan

"Semua elemen masyarakat dan termasuk wartawan juga harus ikut andil dalam pemberantasan narkoba, karena saat ini sudah menjadi ancaman yang sangat serius," sebut Irwan.

Menurutnya wartawan memegang peranan sangat penting karena memiliki media komunikasi dalam penyampaian informasi ke tengah-tengah masyarakat tentang bahaya nya penyalahgunaan narkoba.

baca juga: 20.633 Peserta Penerima KIS Gratis di Pasaman Barat Dinonaktifkan Kemensos, Ini Penyebabnya

"Media komunikasi yang ada di tangan wartawan sangat penting peranannya, dengan media yang ada pada rekan wartawan bisa menyampaikan informasi kepada masyarakat khusus nya kepada generasi muda yang rentan terhadap penyalahgunaan narkoba," jelasnya.

Irwan menerangkan narkoba sudah menjadi ancaman yang sangat serius di Indonesia. Menurutnya dari kota hingga ke pelosok desa tidak ada lagi yang bebas dari narkoba.

baca juga: Cegah Narkoba, Warga Binaan dan Pegawai Lapas Talu Pasbar Jalani Tes Urine

"Kita harus bersama untuk memerangi narkotika ini dan hal ini sudah selayaknya dilakukan secara bersama-sama. Selain dengan peran media, ada dua hal lagi yang menjadi prioritas langkah awal menyampaikan informasi bahaya narkoba yakni keluarga dan rekan sebaya," terangnya.

Menurut Irwan pemberian pemahaman terhadap keluarga dan rekan sebaya bisa dilakukan oleh semua orang. Dengan demikian pengetahuan tentang bahaya ancaman bahaya narkoba bisa dimengerti terhadap orang sekitar.

baca juga: Wakil Rakyat Ini Harap Perusahaan yang Punya Program CSR Bantu Korban Banjir Aek Napal

"Mari kita semua mewaspadai dan berhati-hati, karena narkoba ini sudah menjadi ancaman yang sangat serius dan sangat merusak masa depan para generasi penerus kita," ajaknya.

Penulis: Irfansyah Pasaribu | Editor: Haswandi