Gebyar Menulis Akhir Tahun Rakyat Sumbar di Sawahlunto: Motivasi Baru

Gebyar Menulis Akhir Tahun Rakyat Sumbar di Sawahlunto
Gebyar Menulis Akhir Tahun Rakyat Sumbar di Sawahlunto (Ist)

SAWAHLUNTO , KLIKPOSITIF -Program Gebyar Menulis Akhir Tahun Rakyat Sumbar, dimulai. Sawahlunto menjadi kota pertama yang dikunjungi, SMAN 3 Sawahlunto menjadi sekolah pertama yang didatangi.

Di sekolah ini, Firdaus Abie dan Ubai Dillah Al-Anshory, berbagi ilmu menulis dengan siswa dan guru selama tiga hari.

baca juga: Siswa Bengkel Literasi Rakyat Sumbar Berbagi di SMA SIMA

Firdaus Abie, seorang jurnalis yang saat ini Pemimpin Redaksi Harian Umum Rakyat Sumbar, menghadirkan materi penulisan ilmiah populer bagi guru dan penulisan jurnalistik bagi pelajar.

Ubai Dillah Al-Anshory, seorang sastrawan dan redaktur sastra budaya Harian Umum Rakyat Sumbar, berbagi kiat menulis Cerpen.

baca juga: Kemenag Sawahlunto Gelar Lomba Tahfidz untuk Pelajar SD sampai SMA

"Alhamdulillah, peserta sangat antusias," kata Ubai Dillah, di sela-sela pelatihan hari kedua, Selasa (2/11) kemarin.

Wujud antusias peserta, katanya, terlihat nyata dari keseriusan selama mengikuti pelatihan, termasuk diantaranya menyelesaikan tugas yang diberikan pemateri.

baca juga: Walikota Bukittinggi Gratiskan Iuran SMA, Andre Rosiade: Bukti Gerindra Hadir untuk Rakyat

"Setiap materi ada tugas menulisnya. Tulisan tersebut dievaluasi bersama, lalu naskah yang layak untuk media massa akan disalurkan untuk diterbitkan," katanya.

Pelatihan dibuka Didi Arpeni, S.Pd, M.Pd

baca juga: Andre Rosiade Bantu Sekolah Yayasan Khairu Ummah Sawahlunto

Kasubag TU Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Sumbar, dilanjutkan materi dari Adrizal, Pengawas SMAN 3 Sawahlunto , terkait pentingnya literasi yang berhubungan dengan Assesmen Nasional.

Kepala SMAN 3 Sawahlunto Erdiani, S.Pd, M.Si menyebutkan, pelatihan tersebut ditujukan untuk memperkuat literasi baca dan tulis di sekolah, khususnya bagi siswa dan guru.

"Kita tahu dan paham bahwa menulis adalah salah satu kecakapan yang perlu dimiliki siswa dan guru untuk langkah masa depan. Tidak semua orang bisa menulis , namun sesungguhnya setiap orang bisa menulis ," kata Erdiani sembari menyebutkan, ada motivasi baru yang didapatkan siswa dan gurunya terkait kepenulisan.

Gebyar Menulis Akhir Tahun

Harian Umum Rakyat Sumbar selama November - Desember 2021 menggelar Gebyar Menulis Akhir Tahun. Program ini ditujukan untuk pelajar, mahasiswa dan guru se-Sumbar. Didukung PT Semen Padang dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Penanggungjawab Gebyar Menulis Akhir Tahun Jon Kenedi Parman menyebutkan, tim Harian Umum Rakyat Sumbar akan berkunjung ke 21 sekolah dan kampus di Sumbar.

Setiap lokasi yang didatangi, akan diberikan materi pelatihan menulis . Materi yang diberikan tergantung kepada kebutuhan di sekolah bersangkutan. Ada yang meminta pelatihan menulis jurnalistik, karya sastra (Cerpen dan puisi), artikel ilmiah populer, teknik mengelola tabloid/majalah dan online sekolah dan lainnya.

Dijadwalkan, kegiatan ini akan dibuka secara resmi Kepala Dinas Pendidikan Prov Sumatera Barat Adib Al-Fikri, di salah satu SMA Negeri di Kota Padang, minggu ke dua November.

Editor: Fitria Marlina