Menag Dukung Kebijakan Kemendikbud Ristek Keluarkan Permen PPKS, Ini Alasannya

menag dan mendikbud ristek
menag dan mendikbud ristek (kemenag)

KLIKPOSITIF - Kementerian Agama mendukung kebijakan Kemendikbud Ristek Terkait Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi. Hal ini dikemukakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat bertemu dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim di Kantor Kemenag , Jakarta.

"Kami mendukung kebijakan yang telah dikeluarkan Mas Menteri. Karenanya, kami segera mengeluarkan Surat Edaran (SE) untuk mendukung pemberlakuan Permendikbud tersebut di PTKN (Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri)," ungkap Menag, Senin (8/11/2021).

baca juga: Mahasiswa Biologi Unand Gelar Lomba Bertaraf Nasional, Peserta Ada dari India

Sebelumnya, pada 31 Agustus 2021 Mendikbudristek Nadiem Makarim telah meneken Permendikbud-Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi, selanjutnya disebut Permen PPKS.

Untuk mewujudkan dukungan tersebut, Kemenag mengeluarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemenag tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN).

baca juga: Komisi X DPR Sayangkan Guru Bahasa Daerah Belum Mendapat Perhatian yang Memadai

Menag dengan Mendikbud Ristek yang menyatakan bahwa kekerasan seksual menjadi salah satu penghalang tercapainya tujuan pendidikan nasional. "Kita tidak boleh menutup mata, bahwa kekerasan banyak terjadi di lingkungan pendidikan . Dan kita tidak ingin ini berlangsung terus menerus," kata Menag.

"Ini kebijakan baik. Dengan kebijakan ini, kita berharap para korban dapat bersuara dan kekerasan di dunia pendidikan dapat dihentikan," imbuhnya.

baca juga: Komisi X DPR Harap Ada Kebijakan Agar Guru PPPK dapat Diperbantukan ke Sekolah Swasta

Editor: Eko Fajri