Gelar Vaksinasi Masal, Realisasi Vaksinasi PMI Sumbar Capai 30 Ribu dan 50 Ribu Target

Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar
Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Realisasi vaksinasi Covid-19 oleh Palang Merah Indonesia ( PMI ) Sumbar sudah mencapai 30.000 dari 50.000 yang ditargetkan oleh PMI pusat.

Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar mengatakan, vaksinasi masal yang dilaksanakan PMI Sumbar adalah rangkaian dari komitmen PMI Pusat untuk melaksanakan 2 juta vaksinasi yang diluncurkan oleh Ketua Umum Jusuf Kalla pada 9 Oktober 2021.

baca juga: H. Daswippetra Pimpin Porlempika Sumbar

"Kita dikasih target 50 ribu vaksinasi dan Alhamdulillah sudah berjalan sejak Oktober kemarin di sejumlah tempat," ujar Mantan Bupati Agam dua periode itu saat kegiatan Vaksinasi Masal yang digelar di markas PMI Sumbar, Kamis (11/11).

Untuk Kota Padang, PMI Sumbar menargetkan program vaksinasi mencapai 15.000 orang yang pelaksanaannya difokuskan di markas PMI Sumbar Jl. Sisingamangaraja No.34, Ganting Parak Gadang, Padang dan beberapa tempat.

baca juga: Bikin Netizen Geram, Dokter Ini Mengaku Khilaf Karena Berikan Suntikan COVID-19 Kosong Kepada Siswa

PMI Sumbar juga memberikan dukungan vaksinasi bagi kabupaten dan kota yang capaiannya masih rendah. Salah satunya dengan memobilisasi personel PMI guna mendorong tercapainya herd immunity.

"Kami berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Sumbar untuk memetakan daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah. Kita dorong PMI setempat untuk lebih gencar menggelar kegiatan vaksinasi , sosialisasi. Kita juga kirimkan personel dari PMI Sumbar sebagai penguatan," kata Aristo Munandar

baca juga: Vaksinasi untuk Siswa Usia 6-11 Tahun di Payakumbuh Mulai Dilaksanakan

Pelaksanan vaksinasi masal yang digelar PMI Sumbar bekerjasama dengan Kodim 0312 Padang, Polresta dan Pemerintah Kota Padang. Dengan dibantu dua tim vaksinator yaitu dari RST Reksodiwiryo dan Puskesmas setempat.

Sementara itu Wali Kota Padang, Hendri Septa mengapresiasi peran PMI untuk membantu meningkatkan capaian vaksinasi di daerah agar level PPKM bisa terus turun ke level I dan perekonomian masyarakat bisa kembali bergerak.

baca juga: Israel dan AS Laporkan Kasus Flurona, Apakah Lebih Bahaya dari Covid-19 atau Flu?

"Target kita bisa 70 persen warga tervaksin, sekarang sudah tercapai 62 persen. Tinggal delapan persen lagi untuk mencapai target," ujarnya.

Terkait dukungan, Pemko Padang memberikan paket sembako gratis bagi masyarakat yang divaksin agar termotivasi untuk divaksin.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Sumbar Hidayatul Irwan mengatakan PMI Sumbar diberikan target 50 ribu vaksinasi dan untuk Kota Padang ditargetkan 15 ribu vaksinasi .

"Ke depan akan kami lakukan secara bertahap. Kami akan koordinasi dengan pihak terkait agar target tersebut tercapai," ujarnya.

Untuk vaksinasi masal, saat ini sejumlah daerah sudah melaksanakannya mulai dari Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Pasaman Barat, Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

Menurut Hidayat, vaksinasi masal ini adalah sumbangsih PMI dalam mewujudkan pencapaian vaksin Indonesia sehat. Dengan dibantu Pemko Padang, Kodim, Polresta hingga jajaran paling bawah Kapolsek, Babinsa puskesmas dan yang lainnya.

"Target hari ini 400 dengan wilayah Target Padang timur, namun tidak tertutup untuk warga lainnya. Bisa juga dengan daftar online untuk warga Padang," ulasnya.

Pada kegiatan Vaksinasi Masal yang digelar PMI Sumbar, masyarakat diberikan sembako dan kain sarung gratis.

"Semoga capaian di 70 persen vaksinasi hingga akhir tahun tercapai," katanya

Prioritas vaksinasi PMI akan dikejar daerah jauh dan target ke depan kerja sama dengan dewan masjid Indonesia dengan sasarannya jemaah masjid. Rina Akmal

Teks Foto: Ketua PMI Sumbar, Aristo Munandar, Walikota Padang Hendri Septa, Kepala Markas PMI Sumbar Hidayatul Irwan saat meninjau vaksinasi masal yang digelar di markas PMI Sumbar.

Editor: Joni Abdul Kasir