Kilang Minyak Terbakar, Pertamina Sebut Tak Pengaruhi Produksi

ilustrasi
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati berharap masyarakat tidak melakukan panic buying atau membeli BBM dengan jumlah yang banyak. Pasalnya, pasokan BBM Pertamina masih aman, meski kilang minyak Pertamina RU IV sempat kebakaran.

Ia menjelaskan, kebakaran kilang minyak tersebut tidak mempengaruhi produk BBM Pertamina . "Jadi nggak pengaruh pada produksi. Tadi malam kondisi stok di TBBM Kilang dan Pipa dan SPBU, semuanya aman. Masyarakat kami jamin pasikan BBM dan LPG tidak terganggu. Semoga nggak ada panic buying. Produk beberapa itu diatas standart minimun," ujar Nicke dalam konferensi pers, Munggu (14/11/2021).

baca juga: Targetkan 13 Juta Unit KBLBB Roda Dua pada 2030, Efisiensi Penggunaan BBM Bisa Ratusan Triliun Rupiah

Sebelumnya, tim Pertamina disebut telah berhasil memadamkan kebarakan yang terjadi di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap. Api berhasil dipadamkan pada pukul 07.45 WIB.

Nicke Widyawati menjelaskan, sebenarnya api telah padam pada pukul 23.05 WIB. Hanya saja, lanjut dia, ada foam yang membuat api kembali menyala. "Secara garis besar, pemadaman berhasil dilakukan, saya sendiri memantau dari CCTV, sebenarnya jam 23.05 WIB api sudah padam, cuma ada foam jadi ada api kembali, dan saat tadi sudah 7 pagi sudah dipadamkan," kata Nicke.

baca juga: Selama 2021 KAI Layani 23 Juta Lebih Pelanggan

Namun demikian, Nicke memastikan semua kondisi di Kilang Minyak Pertamina RU IV Cilacap telah aman.

Editor: Ramadhani