PLN UIW Sumbar Pastikan Kondisi Listrik Aman

Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri
Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat menyebut kondisi listrik di wilayah ini aman dan tak ada defisit. Hingga saat ini, cadangan listrik Sumbar berada pada angka 9 Megawatt.

"Cadangan listrik itu bisa kita pakai kapan saja," kata Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri saat silaturahmi dengan media, Rabu, 17 November 2021.

baca juga: Selama 2021, Pemerintah Berhasil Pangkas 10,37 Juta Ton Emisi Karbon

Ia mengatakan, sejauh ini jika ada permasalahan listrik di Sumbar, maka bisa di back up dari utara dan selatan (Riau dan Sumatera Selatan).

"Dan kegiatan untuk menjaga keberlanjutan, ada pemadaman terencana dan tidak terencana. Dan untuk pemadaman dilakukan maksimal enam jam dan maksimal satu kali dalam satu minggu serta tidak dilakukan pada beban puncak," paparnya.

baca juga: Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Rudi menuturkan, upaya itu harus dilakukan untuk menjaga keandalan, seperti pergantian isolator, dll. "Sehingga ini bukanlah pemadaman bergilir seperti informasi yang beredar beberapa waktu lalu," terangnya.

Saat ini, PLN UIW Sumbar juga diperkuat dengan 16 lokasi pembangkit. "Sehingga sistem kita sangat kuat," paparnya.

baca juga: Enam Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Selain pemaparan soal kelistrikan, di kesempatan yang sama, PLN UIW Sumbar juga memaparkan budaya kerja yang bersih bagi insan perusahaan dan mitra.

"Budaya kerja kita berdasarkan pada GCG yang sudah menjadi pegangan bagi insan BUMN dan PLN yang berada di bawah naungannya dengan penerapan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP). SMAP merupakan wujud nyata raihan SNI SNI ISO 37001:2016," kata Yeni Rafii, Manager Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Wilayah Sumatra Barat.

baca juga: Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

Ia mengatakan, dalam aplikasinya di lapangan dikenal dengan istilah 4 NO'S, yakni No Gift, No kickback, No Luxurious dan No Hospitality. "Sehingga ini tidak hanya berlaku di internal perusahaan namun juga bagi mitra perusahaan," jelasnya.

Editor: Fitria Marlina