Payakumbuh Timur Maksimalkan Vaksinasi Warga Sampai Malam Hari

Camat Payakumbuh Timur, Dewi Novita.
Camat Payakumbuh Timur, Dewi Novita. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIF - Untuk memastikan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayahnya memenuhi target, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh menggelar vaksinasi untuk warga sampai malam hari.

Camat Payakumbuh Timur, Dewi Novita menyebut, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sampai malam hari dilakukan untuk mempermudah masyarakat yang tidak bisa mengikuti vaksinasi di siang hari karena sibuk bekerja.

baca juga: Bikin Netizen Geram, Dokter Ini Mengaku Khilaf Karena Berikan Suntikan COVID-19 Kosong Kepada Siswa

Vaksinasi COVID-19 malam hari telah pernah dilaksanakan pihaknya pada Senin (15/11) lalu dan kegiatan itu cukup menarik minat warga untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Pada Senin (15/11) lalu ada 80 warga yang mendaftar untuk ikut vaksin meski hanya 59 yang bisa divaksin karena ada yang jadwal vaksin keduanya belum datang. Berarti ini akan efektif jika sering kita gelar," kata Dewi.

baca juga: Vaksinasi untuk Siswa Usia 6-11 Tahun di Payakumbuh Mulai Dilaksanakan

Tidak hanya itu, pihaknya juga sudah pernah melakukan vaksinasi di salah satu iven yang dilaksanakan oleh masyarakat seperti pelaksanaan lomba layang-layang yang ada di kelurahan Payobasung, Selasa (16/11) lalu.

"Kami bersama dengan kelurahan terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan vaksinasi COVID-19 di Kecamatan Payakumbuh Timur," ungkapnya.

baca juga: Israel dan AS Laporkan Kasus Flurona, Apakah Lebih Bahaya dari Covid-19 atau Flu?

Ia mengatakan bahwa dalam mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 pihaknya tidak hanya memberdayakan kelurahan namun juga perangkat PKK, dasawisma dan RT/RW untuk mencari masyarakat yang belum divaksin COVID-19.

"Semua pihak harus melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat, memberikan pemahaman sehingga masyarakat yang sebelumnya tidak mau jadi mau untuk divaksin," ujarnya.

baca juga: Austria Bujuk Masyarakat dengan Lotere Sebagai Insentif Vaksin COVID-19

Data terakhir hingga Senin (15/11), warga Payakumbuh Timur yang telah divaksin 51,18 persen dari sasaran sekitar 22 ribu.

"Angka capaian vaksinasi terus bergerak karena kita terus melakukan vaksinasi di kelurahan-kelurahan, hari ini (Kamis, 18/11) ada lima titik pelaksanaan vaksinasi COVID-19," katanya. (*)

Editor: Taufik Hidayat