Geopark Singkarak-Danau Kembar Ditetapkan Sebagai DTWU Terbaik Sumbar

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika saat menerima penghargaan pada festival CHSE Sumbar
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok, Nasripul Romika saat menerima penghargaan pada festival CHSE Sumbar (Ist)

Solok, Klikpositif - Geopark Singkarak-Danau Kembar ditetapkan sebagai Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) terbaik di Sumatra Barat. Destinasi wisata Kabupaten Solok itu menyisihkan sejumlah objek wisata unggulan daerah lainnya.

Penetapan itu dilakukan setelah melalui penilaian yang ketat dari tim profesional Dinas Pariwisata Sumatra Barat. Dalam prosesnya, tiga objek wisata masuk nominasi kategori DTWU Sumbar yakni Geopark Singkarak-Danau Kembar, Istano Pagaruyung dan Gunung Padang.

baca juga: Jadi Kurir Sabu, ASN Ditangkap Polisi di GOR Batu Tupang Solok

"Dari penilaian akhir tim penilai, kawasan Geopark Singkarak-Danau Kembar berhasil menduduki peringkat teratas," ungkap kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Solok , Nasripul Romika saat menerima penghargaan pada malam puncak festival CHSE di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Rabu (17/11/2021).

Dengan penetapan itu, kata Nasripul, akan semakin mengokohkan sektor pariwisata Kabupaten Solok di Sumatra Barat. Hal ini searah dengan program Bupati Solok H. Epyardi Asda dalam meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pariwisata.

baca juga: Ekskavator Pemkab Solok Perluas Infrastruktur Jalan Hingga Pelosok

Tentunya, kata Nasripul, capaian yang diraih tidak terlepas kerja keras bersama dan dinas terkait dalam mendorong kemajuan sektor pariwisata. Selain itu, dukungan masyarakat sangat menentukan pengembangan dan kemajuan pariwisata daerah.

Diharapkannya, geopark Singkarak-Danau Kembar nantinya bisa naik kelas dan menjadi warisan budaya nasional yang terdaftar di Unesco. Dengan berkembangnya pariwisata akan meningkatkan potensi ekonomi daerah dan masyarakat.

baca juga: Bupati Solok Ingatkan ASN Untuk Serius Bekerja

"Pembangunan pariwisata menjadi salah satu fokus Bupati Solok dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Banyak destinasi unggulan Kabupaten Solok yang akan terus dikembangkan kedepannya," tutupnya.

Dalam proses penilaian yang dilakukan oleh tim pariwisata Sumatra Barat, banyak objek wisata yang dinilai. Mulai dari Ngarai Sianok, Kawasan Harau, Danau Maninjau, Tarusan Kamang dan Gunung Padang.

baca juga: Buka Jalan Usaha Tani, Masyarakat Pianggu Manfaatkan Ekskavator Pemkab Solok

Kemudian, Ngalau Pangian Lintau Buo, Danau Singkarak, Danau Diatas dan Danau Dibawah, Kawasan Silokek, Tambang Batu Bara Sawah Lunto, Goa Batu Kapa, Gunuang Talamau, Rimbo Panti, Istano Pagaruyung dan lainnya.

Dari sederet destinasi itu, ditetapkan tiga objek wisata dalam nominasi yakni Geopark Singkarak-Danau Kembar, Istano Pagaruyuang dan Gunung Padang. Finalnya, Geopark Singkarak-Danau Kembar ditetapkan sebagai peringkat satu DTWU Sumbar.

Editor: Syafriadi