PLN Sumbangkan Motor Listrik untuk Rumah Kreativitas Tanah Ombak

PLN Sumbangkan Motor Listrik untuk Rumah Kreativitas Tanah Ombak
PLN Sumbangkan Motor Listrik untuk Rumah Kreativitas Tanah Ombak (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF - Rumah Kreativitas Tanah Ombak merupakan wadah komunitas berbasis masyarakat yang terletak di Kelurahan Purus Kecamatan Padang Barat yang berdiri sejak Tahun 2015. Awalnya, Rumah Kreativitas Tanah Ombak adalah wadah bagi anak-anak sekitar untuk berpetualang literasi lewat buku-buku yang terkumpul. Di ruang terbuka ini pula anak-anak mengekspresikan dan mengaktualisasikan diri mereka lewat berbagai sarana pelatihan dan kreativitas.

Seiring berjalannya waktu, Rumah Kreativitas Tanah Ombak berkembang dengan berbagai wadah pengembangan untuk masyarakat dewasa, baik itu seni, keilmuan, maupun ekonomi kreatif.

baca juga: Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Berangkat dari marwah awalnya sebagai wadah literasi anak, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat berinisiatif berikan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan ( TJSL ) untuk Rumah Kreativitas Tanah Ombak sebesar Rp25 Juta. Dana ini dipakai untuk pembelian motor listrik yang nantinya digunakan sebagai pustaka keliling dari Rumah Kreativitas Tanah Ombak .

Serah terima bantuan dilaksanakan pada Jumat (19/11) di PLN UIW Sumatera Barat oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono dan disaksikan oleh General Manager PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo kepada Pembina Rumah Kreativitas Tanah Ombak Syuhendri.

baca juga: Enam Kebijakan Ketat PLN, Cegah Penyebaran Covid-19

Bantuan TJSL ke lingkungan Tanah Ombak bukan yang pertama kalinya dikucurkan oleh PLN. Dijelaskan Yeni Rafi'i, Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIW Sumatera Barat, berawal di Tahun 2018 dimana PLN memberikan dana sebesar Rp100 Juta untuk bantuan rehab bangunan dan ruang baca Tanah Ombak . ''Selanjutnya pada Tahun 2019 kami memberikan dana TJSL kembali sebesar Rp125 Juta untuk pembelian alat-alat konveksi yang akan digunakan dalam pengembangan UMKM kain tradisional Minangkabau.''

Menurut Toni, Rumah Kreativitas Tanah Ombak merupakan harapan dari kemajuan generasi masyarakat sekitar. ''Menurut saya sudah menjadi upaya yang tepat jika PLN memberikan perhatian yang serius terhadap komunitas berbasis masyarakat agar semakin berkembang dengan baik. Kami akan berupaya untuk terus melakukan pendampingan agar Tanah Ombak menjadi komunitas yang unggul dan bermanfaat bagi sekitarnya,'' lanjut GM PLN UIW Sumbar ini pada Jumat (19/11).

baca juga: Makin Mudah dan Cepat, Pengaduan Layanan Kelistrikan Lewat PLN Mobile

Syuhendri, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada PLN usai serah terima bantuan motor listrik, Jumat (19/11). ''Terima kasih PLN UIW Sumbar. Saya akan rakit segera gerobak pustaka keliling di motor listrik ini. Supaya bisa segera dipakai mendistribusikan buku ke anak-anak di kampung Tanah Ombak . Semoga semakin banyak pula buku-buku yang terkumpul, sehingga koleksi ruang baca semakin banyak dan minat baca anak-anak semakin tinggi,'' harapnya.

Editor: Fitria Marlina