Kapolda Sumbar Apresiasi Capaian Vaksinasi COVID-19 di Payakumbuh

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra membuka Sumdarsin ke-4 Kota Payakumbuh.
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra membuka Sumdarsin ke-4 Kota Payakumbuh. (Ist)

PAYAKUMBUH , KLIKPOSITIT- Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) ke-4 digelar Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh di Gedung Olah Raga (GOR) M. Yamin, Kubu Godang. Kapolda Sumatera Barat, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra langsung membuka kegiatan tersebut, Sabtu (20/11).

Vasksinasi di akhir pekan tersebut diharapkan bisa menjangkau lebih dari tiga persen warga Kota Payakumbuh yang belum divaksin dalam satu hari dari semua titik yang menyelenggarakan vaksinasi .

baca juga: Diduga jadi Tempat Prostitusi Salon dan Spa Digerebek Polda Sumbar, Pemilik Jadi Tersangka

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy menyebut, pada awal-awal pelaksanaan vaksinasi COVID-19, Sumbar pernah berada di papan bawah se-Indonesia. Berkat kerja keras semua unsur, posisi Sumbar sekarang sudah berangsur naik.

"Kita sangat mengapresiasi sekali capaian vaksinasi di Kota Payakumbuh ini, terimakasih kepada pak wali kota, Forkopimda, dan seluruh tim vaksinator yang tak kenal lelah berjuang untuk melindungi masyarakat," kata Kapolda Irjen Pol Teddy Minahasa, Sabtu (20/11).

baca juga: Perangi Covid-19, Polsek Koto Tangah Gelar Vaksinasi Bersama Ritel dan Grosir Digital Scan and Go

"Dengan Sumdarsin ini diharapkan capaian vaksin bisa terus meningkat. Kita lihat hari ini dalam capaian vaksinnya, Indonesia sudah menjadi contoh bagi dunia," tambahnya.

Dia menambahkan, berdasarkan evaluasi internal Polda Sumbar , Polres Payakumbuh menempati posisi kedua setelah Polres Sawahlunto dalam capaian vaksinasi , tentunya capaian tersebut tidak terjadi bukan begitu saja, butuh kerja keras dan peran aktif semua masyarakat.

baca juga: Dinsos Payakumbuh Ungkap Alasan Belum Terbitnya SK Kepengurusan Karang Taruna

Menurut dia, ada tiga hal utama yang mempengaruhi capaian vaksinasi di setiap daerah, yaitu peran serta masyarakat, kesiapan tim vaksinator, dan ketersedian vaksin itu sendiri. Apabila itu semua sudah terpenuhi, belum tentu bisa menjamin kelancarannya, sebab yang terpenting dari itu semua, Forkopimda di setiap daerah itu harus selalu bersinergi.

"Sebelum saya bertuga di sini capaian vaksinasi Sumbar baru dikisaran 17 persen se-Indonesia. Itu terjadi karena setiap instansi masih berjalan sendiri-sendiri. Sejak Awal Oktober lalu kita satukan langkah dan berjalan bersama. Dan terbukti terhitung seja awal Oktober sampai saat ini sudah mencapai 48 persen. Ini suatu kejutan yang luar biasa," ungkapnya.

baca juga: Warga Agam yang Sudah Vaksin Capai 62,66 Persen

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan akan terus bekerja dan terus bersinergi dengan Forkopimda untuk mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan komunal. Berdasarkan data sampai hari capaian vaksin Kota Payakumbuh sudah 68 persen.

"Kita harapkan, melihat anemo masyarakat yang ingin divaksin hari ini, Capaian kita bisa mencapai 70 persen," kata Riza.

Dia pun meminta camat, lurah, dan tim vaksinator yang bertugas di Kota Payakumbuh untuk semangat karena banyak jiwa yang harus diselamatkan dan banyak keluarga yang harus dilindungi.

Riza bersyukur di pertengahan November ini capaian vaksinasi menuju target 70 persen sudah di depan mata, dirinya berharap masyarakat dapat terus bersemangat dalam mengikuti vaksinasi ini.

"Harus kita akui, capaian ini karena begitu sedemikiannya semua pihak dengan keras bekerja, mudah-mudahan vaksinasi berjalan baik," pungkasnya. (*)

Editor: Taufik Hidayat