Pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz Gratis di Padang Pariaman Tengah Dikebut

Bangunan pondok pesantren
Bangunan pondok pesantren (KLIKPOSITIF/Rehasa)

PADANGPARIAMAN, KLIKPOSITIF - Pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz milik Yayasan Arisal Aziz tengah dikebut, Pondok Pesantren ini akan menjadi kawasan belajar bagi umat dan semua gratis atau dibiayai oleh pihak Yayasan.

"Alhamdulillah pembangunan masih tetap berjalan, dan berdasarkan dari pihak pekerja, bangunan ini akan rampung enam bulan," kata Ketua Yayasan Arisal Aziz, Dedi Salim di Padang Pariaman , Rabu (24/11/2021).

baca juga: Andre Rosiade Sampaikan Aspirasi Masyarakat Tanah Datar soal Sampah ke Direksi BNI

Dedi menyampaikan bangunan yang saat ini sedang dikerjakan ini dibangun dengan lantai II, di bawah nanti akan dipergunakan untuk sebagai unit usah, perkantoran dan tempat pelatihan. "Dilantai dua nanti baru dipergunakan untuk tempat belajar tahfiz oleh anak-anak kita," katanya.

Anggota DPRD Padang Pariaman ini juga menyampaikan Dewan Penyantun Yayasan Arisal Aziz, H. Arisal Aziz dan Hj. Putri Lenggogeni telah menyiapkan tenaga profesional dari tamatan Yaman yang akan menjadi tenaga pengajar Pondok Pesantren Tahfiz ini.

baca juga: Manfaatkan Dana Desa Untuk Pengembangan Pariwisata, Objek Wisata Berkonsep Persawahan Ini Mulai Jadi Primadona di Pariaman

"Semua tenaga ini telah disiapkan oleh Dewan Penyantun kita, dan siap untuk mendidik anak-anak yang belajar Alquran disini," katanya.

Selain itu, dilantai dasar nanti juga disiapkan tempat pelatihan atau Balai Latihan Kerja (BLK) mini, dan disesuaikan dengan minat dan keinginan anak yatim yang ingin berusaha. "Bisa jadi nanti kita datangkan teknisi komputer untuk melatih bidang teknologi, atau kita juga akan menyiapkan kursus untuk teknisi bengkel," ujarnya.

baca juga: Aktivitas Gunung Marapi Sumbar Terkini, Terjadi Dua Kali Hembusan

Dedi Salim menyampaikan Pondok Pesantren Tahfiz yang di bangun di Kampung Dalam Kecamatan Lima Koto Timur Padang Pariaman ini juga akan menjadi icon di daerah itu. Karena, bangunan pesantren ini akan dibangun mirip dengan Masjid Ismael yang berada persisi di depan Pondok Pesantren itu.

"Kalau bangunan ini sudah siap pasti menjadi icon di Kampung Dalam ini," kata Dedi.

baca juga: Hanya Satu Calon Perempuan yang Maju dalam Pilkades Pariaman

Lebih lanjut ia menyampaikan Pondok Pesantren Tahfiz ini juga akan menjadi cikal bakal menjadi SMP dan SMA IT di Kampung Dalam, dan sekolah ini akan digratiskan untuk umat.

"Ke depan akan kita jadikan disini akan dibangun SMP dan SMA IT untuk gratis untuk umat," katanya.

Ia mengatakan pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz ini selaras dengan tujuan dari Yayasan Arisal Aziz yang selama ini memang selalu fokus untuk bidang keagamaan.

Penulis: Rehasa | Editor: Ramadhani