Wakil Rakyat Padang Pariaman Desak Pemerintah Padang Pariaman Perbaiki Bangunan SDN 04

Komisi l DPRD Padang Pariaman tinjau sekolah
Komisi l DPRD Padang Pariaman tinjau sekolah (Rehasa)

PADANG PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Terkait Sekolah Dasar Negeri 04 V Koto Timur, Padang Pariaman yang mengalami kerusakan, Komisi I DPRD Padang Pariaman minta Disdikbud segera realisasikan perbaikan SD tersebut.

"Setelah mendapat informasi dari media, kami langsung menghubungi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman untuk mengecek kondisi sekolah," ujar Dedi Salim pada KLIKPOSITIF , Rabu 24 November 2021.

baca juga: Polisi Ungkapkan Kronologi Kebakaran Gudang Minyak di Padang Pariaman

Dikatakannya juga, pihaknya telah bertemu dengan pihak Dinas Pendidikan tersebut. Pertemuannya dengan Disdikbud dalam rangka mencari solusi untuk perbaikan sekolah itu.

"Kami menyarankan supaya dalam waktu yang singkat untuk segera merealisasikan perbaikannya," kata dia.

baca juga: Wamentan: Tiga Juta Petani Bertambah Selama Pandemi Covid-19

Sebagai penyambung lidah rakyat, kata Dedi lagi, pihaknya telah menyampaikan kondisi SD N 04 V Koto Timur kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman .

"Kami telah menginstruksikan kepada pihak dinas yang bersangkutan agar sekolah ini segera ditangani," lanjutnya.

baca juga: Hampir Setahun, Kasus di Padang Pariaman Ini Masih Belum Berujung

Karena kata dia, kalau tidak tangani secepatnya, akan berdampak pada visi misi daerah, yakni Padang Pariaman Berjaya dalam bidang pendidikan.

Setelah ditinjau, ia menilai kondisi sekolah tersebut memang sangat miris, karena berbagai kondisi yang ada semisal atapnya yang bolong di sana sini.

baca juga: Pembangunan Pondok Pesantren Tahfiz Gratis di Padang Pariaman Tengah Dikebut

"Memang sekolah itu bantuan paska gempa tahun 2009, dan yang mengerjakan NGO, berarti keterlibatan pengawasan daerah di sekolah tersebut belum terakomodir," tambah dia.

Ia mengatakan, kalau dikerjakan oleh pemerintah daerah tidak mungkin atapnya sudah rusak dalam 10 tahun.

Terakhir kata dia, sejumlah sekolah lainnya juga mengalami kerusakan, terkait prioritas sekolah yang harus diperbaiki, ia mengatakan perbaikan akan dilakukan secara bertahap.

Sebelumnya diketahui, sudah setahun lebih para siswa dan siswi SD N 04 V Koto Timur merasakan kesulitan menjalankan aktivitas belajar di sekolahnya.

Adapun kesulitan yang dialami para pelajar ialah karena infrastruktur sekolahnya yang rusak. Sebagian besar atap gedung sekolah mereka sudah bolong, sehingga jika hujan air akan masuk hingga ke ruangan kelas.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi