30 Pengurus Koperasi di Pariaman Ikuti Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan

Pelatihan koperasi
Pelatihan koperasi (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Sebanyak 30 pengurus koperasi di Kota Pariaman , Sumbar diberi pelatihan oleh pemerintah kota tersebut.

"Pelatihan koperasi yang diikuti oleh 30 pengurus koperasi itu digelar oleh Dinas Perindagkop Pariaman ," ungkap Walikota Pariaman Genius Umar, Rabu 24 November 2021.

baca juga: Puluhan Pedagang Gorengan dan Kue Tradisional di Pariaman Dilatih Tingkatkan Kapasitas

Lebih lanjut dikatakannya, dia hadir saat itu pada Selasa (23/11) untuk membuka pelatihan tersebut.

"Tema acara itu Pelatihan Pembuatan Laporan Keuangan Koperasi dan Penyusunan Kelengkapan Administrasi Koperasi Bagi Pengurus Koperasi Kota Pariaman di Gedung Pertemuan SMKN 2 Pariaman ," ungkap Genius Umar.

baca juga: Bertemu Menko Polhukam dan Menpan RB, Walikota Pariaman Sampaikan Hal Ini

Kegiatan pelatihan ini sangat penting, ujar Genius lagi, yaitu untuk mengetahui uang masuk dan uang keluar suatu koperasi serta menjadi bahan untuk evaluasi koperasi agar lebih baik lagi.

Genius menambahkan menyusun laporan keuangan adalah salah satu tugas pengurus yang diamanatkan dalam pasal 30 UU nomor 25 tahun 1992. "Tentu ini untuk menilai pertanggungjawaban pengurus, menilai kondisi keuangan koperasi dan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kebijakan koperasi ke depannya," tuturnya.

baca juga: Kisah Perjuangan Hidup Anak Pariaman yang Berjualan Kue Talam

Genius berharap, pelatihan itu dapat meningkatkan SDM pengurus koperasi dalam menyusun laporan keuangan sesuai standar dan peraturan yang berlaku.

Penulis: Rehasa | Editor: Haswandi