Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota Payakumbuh

Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota
Kembali Jadi Contoh, Pemkab Pelalawan Studi Tiru ke Kota (Ade Suhendra)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pelalawan melakukan kunjungan kerja ke Unit Kerja Pengadaan Barang Jasa (UKPBJ) Kota Payakumbuh pada Kamis 25 November 2021. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding atas pencapaian Kota Payakumbuh dalam Kematangan UKPBJ Kota Payakumbuh pada Level tiga (Proaktif) dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia untuk seluruh variabel.

Rombongan UKPBJ Kabupaten Pelalawan disambut hangat oleh Wali Kota Payakumbuh dalam hal ini diwakilkan oleh Asisten II Elzadaswarman.

baca juga: Satu Tahun Pasca-Pemilihan Ketua, SK Kepengurusan Karang Taruna Kota Payakumbuh tak Kunjung Terbit

Dalam sambutannya, Elzadaswarman mengucapkan selamat datang kepada Kabag UKPBJ Kabupaten Pelalawan beserta rombongan di Kota Payakumbuh

"Selamat datang kepada kabag UKPBJ Kabupaten Pelalawan beserta rombongan, semoga dalam kunjungan hari ini dapat saling bertukar informasi demi kemajuan dan peningkatan UKPBJ kedepannya," Ujarnya

baca juga: Dua Kios Pedagang di Pasar Ibuh Blok Barat Dilalap Si Jago Merah

Kabag UKPBJ Kota Payakumbuh Maizon Satria menjelaskan ada lima domain dan sembilan variabel yang harus dipenuhi untuk mencapai level proaktif ini. Sejak tahun 2019 pihaknya terus berusaha dalam memenuhi seluruh standar masing masing variabel.

Menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk setiap proses pengadaan barang/jasa, membenahi Layanan Pengadaan Secara Elektroni (LPSE) agar memenuhi 17 standarisasi dari LKPP serta menjalin kerja sama dengan seluruh stakeholder salah satunya dengan teknik door to door untuk sosialisasi pengadaan barang dan jasa.

baca juga: Pengurus IDI Paliko Masa Bhakti 2021-2024 Resmi Dilantik

Setelah melalui proses evaluasi, Pada 9 November 2021 UKPBJ Kota Payakumbuh memperoleh sertifikat Tingkat Kematangan Level tiga (Proaktif).

"Semua ini bisa kita raih tidak terlepas dari dukungan penuh Pemerintah Kota Payakumbuh dan seluruh stakeholder, peran pimpinan yang langsung berkoordinasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sehingga UKPBJ Kota Payakumbuh mendapat prioritas untuk penilaian ini," jelas Maizon.

baca juga: Wawako Erwin Yunaz dan Pergatsi Payakumbuh Ikuti Turnamen Gateball di Provinsi Jambi

Kepala UKPBJ Kabupaten Pelalawan Muhammad Rickykum mengatakan tujuan pihaknya berkonsultasi ke Kota Payakumbuh terkait kematangan UKPBJ dimana UKPBJ Kota Payakumbuh sudah memenuhi tingkat pematangan proaktif sementara Kabupaten Pelalawan sedang menuju tingkat kematangan tersebut.

"Kami ingin mengetahui trik apa saja yang dapat dilakukan untuk memenuhi tingkat kematangan proaktif. Mudah-mudahan dengan kedatangan pihak kami ke Payakumbuh dapat menerima informasi dan pembelajaran agar UKPBJ Kabupaten Pelalawan juga dapat memperoleh pencapaian tersebut," Pungkasnya

Penulis: Ade Suhendra | Editor: Khadijah