Diduga Akibat Puntung Rokok, Rumah Amrizal Ludes Terbakar

Kebakaran rumah kayu di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar
Kebakaran rumah kayu di Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Tanah Datar (Damkar Tanah Datar)

TANAHDATAR, KLIKPOSITIF - Warga bersama petugas pemadam kebakaran Pemkab Tanah Datar berupaya memadamkan api yang membakar satu unit rumah kayu di Jorong Koto, Nagari Tabek Patah, Kecamatan Salimpaung, Kamis 25 November 2021, sekira pukul 20.00 Wib.

Kobaran api baru berhasil dipadamkan beberapa saat kemudian, namun seluruh bangunan rumah berukuran 6 x 4 meter persegi beserta barang-barang di dalamnya hangus terbakar.

baca juga: Bertemu Menko Polhukam dan Menpan RB, Walikota Pariaman Sampaikan Hal Ini

Bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa nahas tersebut namun pemilik rumah Amrizal (57 tahun), sehari-hari bekerja sebagai petani, menderita kerugian materil sekitar Rp30 juta. Korban tinggal sehari-hari bersama seorang anak laki-lakinya yang mengalami gangguan kejiwaan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Tanah Datar Yusnen melalui Kasi Keselamatan dan Kebakaran (Matkar) Fauzi Arifin menyampaikan sebanyak 18 personel dengan dua armada mobil pemadam dari Posko Batusangkar dibantu dari Posko Salimpaung diturunkan sehingga dalam waktu singkat api berhasil dipadamkan.

baca juga: Polisi Ungkapkan Kronologi Kebakaran Gudang Minyak di Padang Pariaman

Ia menyebut penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun diduga api berasal dari puntung rokok. Menurut korban, rumahnya tidak dialiri listrik dan saat meninggalkan rumah pergi ke warung, api dapur sudah dipadamkan.

"Kami mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan berhati-hati terhadap api yang berasal dari listrik, kompor, tungku kayu bakar, obat nyamuk bakar dan lainnya yang dapat menimbulkan bencana kebakaran ," tutur Fauzi. (*)

baca juga: Lounching Pilwanag Serentak, Pemkab Tanah Datar Harapkan Berlangsung Aman dan Lancar

Penulis: Irfan Taufik | Editor: Eko Fajri