Menkeu: Pemerintah Berencana Tak Keluarkan Surat Utang Negara

Menkeu Sri Mulyani
Menkeu Sri Mulyani (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah tidak berencana menerbitkan surat utang negara pada tahun depan.

Dia mengatakan alasannya karena kondisi perekonomian pascalonjakan kasus Covid-19. Dia mengatakan saat ini kondisi keuangan negara semakin membaik lantaran pendapatan negara lewat pajak terus meningkat.

baca juga: Presiden Sebut MotoGP Mandalika Harus Bisa Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

"Ini berarti kita akan menjaga tidak mengeluarkan surat utang apabila tidak dibutuhkan. Dan kita akan coba konsolidasi secara disiplin," kata Sri Mulyani dilansir dari situs resmi.

Dia juga menjelaskan, hingga Oktober 2021, realisasi pembiayaan anggaran telah mencapai Rp 608,3 triliun. Jumlah tersebut mencakup 60,4 persen dari proyeksi dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2021 senilai Rp 1.006,4 triliun.

baca juga: Tujuh Tim Sedang Kembangkan Vaksin Merah Putih

Angka tersebut, menurut Sri Mulyani turun cukup drastis 34,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, di mana saat itu mencapai Rp 926,3 triliun.

Sehingga dengan kondisi tersebut, pemerintah mencoba akan meninjau kembali untuk menerbitkan surat utangnya. Dia meyakini, APBN yang semakin membaik mampu memenuhi berbagai kebutuhan pembiayaan. Sementara itu, untuk keseimbangan primer pada Oktober 2021 tercatat negatif Rp 266,9 triliun, membaik dibandingkan dengan Oktober 2021 yang negatif Rp 513,2 triliun, tetapi membesar dari September 2021 yang negatif Rp 452 triliun.

baca juga: Gaikindo Sebut PPnBM DPT Dorong Penjual Mobil Hingga Naik 66,7 Persen

Editor: Ramadhani