Institut Teknologi Padang Gelar Wisuda ke 75, Lulusan D III dan Sarjana

Wisuda ke 75 Institut Teknologi Padang
Wisuda ke 75 Institut Teknologi Padang (Klikpositif/Haikal)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Institut Teknologi Padang ( ITP ) menggelar acara wisuda ke 75 di Padang, Sabtu (27/11/2021).

Rektor ITP Hendri Nofrianto dalam sambutannya menyampaikan, wisuda ke 75 ini mewisuda 266 mahasiswa. Rinciannya 44 dari Diploma III dan 222 Sarjana.

baca juga: Capaian Proker ITP Tahun 2021 Meningkat dari Tahun Sebelumnya

Mereka yang diwisuda berasal dari: Program Sarjana Teknik Sipil 73 orang, Program Diploma III teknik Sipil 11 orang, Program Sarjana Teknik Geodesi 24 Orang, Program Sarjana Teknik Elektro 46 Orang.

Kemudian, Program Sarjana Teknik Mesin 49 orang, Program sarja Teknik Informatika 30 orang, Program Diploma III Teknik Mesin 20 orang dan Program Diploma III Tekniologi Listrik 13 orang.

baca juga: ITP Sampaikan Hambatan Kegiatan saat Monev oleh Ditjen Belmawa Diktiristek

"Dengan demikian, sampai dengan wisuda ke 75 ini, Institut Teknologi Padang telah meluluskan 9067 orang," katanya.

Hendri Nofrianto menambahkan, Kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

baca juga: ITP Kelola Dana Hibah Kompetisi Sekira Rp23 Miliar Sepanjang 2021

Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya.

Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

baca juga: ITP Gelar Online Tour UMPEDAC Laboratory University of Malaya

"Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat," katanya.

Ia melanjutkan, melalui interaksi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia kerja, dengan dunia nyata, maka perguruan tinggi akan hadir sebagai mata air bagi kemajuan dan pembangunan bangsa, turut mewarnai budaya dan peradaban bangsa secara langsung.

"Sekali lagi, saya mengucapkan selamat berbahagia kepada seluruh wisudawan beserta keluarga. Selamat berjuang dan selamat mengabdikan ilmu yang Saudara miliki bagi masyarakat," ujarnya.

"Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menuntun dan menerangi jalan kemana pun Saudara melangkah. Semoga para wisudawan yang sangat saya cintai, bisa meraih sukses dan menggapai masa depan yang gemilang," pungkasnya kemudian.

Sementara Ketua Yayasan Pendidikan Teknologi Padang Zulfa Eff Uli Ras menambahkan, mengucapkan selamat dan terimakasih kepada seluruh keluarga wisudawan, terutama sekali orang tua atas keberhasilan dan kesuksesan putra/putrinya yang telah menyelesaikan proses pendidikan di ITP .

Keberhasilan, kesuksesan dan prestasi yang diperoleh ini tidak terlepas dari pengaruh, peran dan tanggung jawab bapak/ibu dalam mengawasi, membimbing dan membina mereka didalam lingkungan keluarga masing-masing.

"Pada hari yang berbahagia ini, saya sebagai Ketua Yayasan selaku badan penyelenggara ITP , mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada Bapak dan Ibu orang tua/wali atas kepercayaan menjadikan ITP sebagai tempat menuntut ilmu bagi anak-anak atau keluarga hingga bisa menyelesaikan pendidikan dan telah memperoleh ijazah pada hari ini," katanya.

Editor: Muhammad Haikal