Hidayat Dorong Pelaku UMKM Berani Pinjam ke Bank, Tapi Bukan Bank 46

Anggota DPRD Sumbar Hidayat saat promosi produk pakan ayam padi boneh
Anggota DPRD Sumbar Hidayat saat promosi produk pakan ayam padi boneh (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hidayat mendorong, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar untuk berani meminjam ke Bank untuk akses permodalan, agar bisa berkembang.

Menurutnya, masih ada pelaku UMKM yang meminjam dari rentenir yang tentu dengan bunganya mencekik.

baca juga: Salurkan Bantuan Balai Adat, Masjid dan TK di Limo Koto Sijunjung, Andre Rosiade: Kami Bukan Kacang Lupa Kulitnya

"Ingin modal yang instan dan cepat, para pelaku UMKM malah meminjam ke rentenir, tentunya bunga yang mencekik. Kalau istilah kerennya Bank 46, pinjam 4 bayar 6. Maka, untuk itu pelaku UMKM ini butuh modal usaha mesti ramah terhadap bank," jelasnya.

Karena itu, ia meminta pelaku UMKM ini mesti ramah terhadap perbankan, namun pelaku UMKM ini masih ada aja terkendala dalam meminjam pemodalan di bank.

baca juga: Andre Rosiade: Penarikan Snack Gambar Kaesang di Garuda sudah Tepat

"Kendala yang sering saya didengar tidak ingin meminjam ke bank, pertama tidak mengetahui proses, dan sebagainya," bebernya.

Hidayat mengungkapkan, jika peminjaman modal di bank sebenarnya proses tidak sesulit yang dipikirkan, namun yang terpenting tidak ada catatan kredit macet. Apalagi, perbankan ini jelas dan bunganya pun rendah dan tentu tidak mrncekik dibandingkan meminjam kepada rentenir.

baca juga: Andre Rosiade Bantu Pembangunan Musala Taqwa Gurun Laweh

"Minjam modal usaha di bank selain aman, mudah dan terpenting peminjam tidak ada catatan kredit macet, tentu dengan bunga yang rendah dibandingkan meminjam secara instan kepada rentenir, tentu bank juga punya program unggulan untuk pelaku usaha yang ingin modal," tukasnya.

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari , Gusti Candra mengatakan, saat ini bank nagari memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk peminjaman pemodalan.

baca juga: Andre Rosiade Bagikan Ribuan Kardus Makanan Tambahan Balita dan Ibu Hamil

"Kami mempunyai beberapa program untuk pelaku usaha produktif yang ingin menambah modal usaha , ada yang memakai anggunan dan tanpa anggunan, namun dengan jumlah yang berbeda," katanya.

Dilanjutkannya, bagi pelaku usaha yang berkeinginan menambah modal usaha dengan peminjaman di bank nagari cukup dengan melengkapi persyaratan, seperti KTP, izin usaha, anggunan, dan lainnya.

"Untuk persyaratan yang lengkap, kami akan proses cepat tidak w membutuhkan waktu lama," pungkasnya. (*)

Editor: Joni Abdul Kasir