Genius Umar: Tingkatkan Kesadaran sebagai ASN

Apel gabungan
Apel gabungan (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Walikota Pariaman , Genius Umar menekankan kepada bawahannya untuk menumbuhkan kesadaran sebagai pejabat negara.

Perihal itu dikatakannya saat memimpin Apel Gabungan ASN Pemerintah Kota Pariaman di halaman Balaikota Pariaman , Senin (29/11/2021).

baca juga: Untuk Merubah Prilaku Buruk Napi, Ini yang Dilakukan Lapas Pariaman

"Saya menekankan kesadaran dan tanggung jawab dari setiap ASN Pemko Pariaman , mulai dari Kepala OPD, Eselon III, Eselon IV sampai staf baik ASN maupun Non ASN ," ungkap Genius Umar.

Karena, katanya lagi, dengan rasa memiliki tanggung jawab dalam membangun daerah walaupun di tengah keterbatasan anggaran maka akan tetap dapat membangun Kota Pariaman ini.

baca juga: Tiga Kali Lakukan Pencurian, Ke 4 Kalinya Pria ini Ditembak Polisi

Genius juga mengungkapkan bahwa hal ini telah dibuktikan dengan kesadaran dan keinginan masyarakat yang tinggi, dimana dirinya bersama asisten dan beberapa Kepala OPD, hadir terus ke lapangan untuk membangun daerah , ulasnya.

"Seperti pembangunan jalan lingkar selatan, yang mencapai 7 KM dengan Nol Budgeter, ditambah yang terbaru jalan lingkar utara sepanjang 1,2 KM juga dengan Nol Budgeter, semua adalah swadaya masyarakat yang menyerahkan tanahnya untuk dijadikan jalan," tukasnya lebih lanjut.

baca juga: Genius Umar: Alumni Saga Saja Disiapkan untuk Pengetasan Kemiskinan

Karena itu, ia menambahkan, sebagai ASN harus tahu dan memaknai hal tersebut, jika masyarakat saja mau untuk menghibahkan tanahnya untuk pembangunan, bagaimana dengan ASN , juga mesti memiliki tanggung jawab juga untuk membangun Kota Pariaman dengan apa yang mereka bisa.

"Contoh kecil dengan disiplin untuk Apel Pagi dan bekerja dengan giat dan inovatif, sehingga berdampak baik bagi kinerja OPD, dimana mereka berada,"ungkapnya.

baca juga: Kisruh Camat Lengayang, Pemkab Pessel Masih Non Aktif-kan Oknum Camat Secara Lisan

Ketika kita dituntut pusat untuk mengurangi anggaran, katanya lagi, pihaknya bersama dengan unsur pimpinan OPD bersepakat tidak ingin memotong TPP (Tunjangan Penambah Penghasilan) dari ASN .

"Karena kami menyadari, banyak ASN Pemko Pariaman yang tergantung dari TPP ini, karena sebagian gaji mereka sudah dipotong oleh Bank," tuturnya.

Orang nomor satu di Kota Pariaman ini juga menceritakan banyak daerah yang memotong TPP ASN mereka menyikapi pengurangan anggaran dari pusat, tetapi Pemko Pariaman tetap mempertahankan TPP untuk dibayarakn ke ASN .

"Maka karena itu saya meminta agar ASN Pemko Pariaman dapat bekerja dengan lebih giat lagi dan terus berkreasi dan berinovasi dalam tugasnya," ulas Genius Umar.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri