Dua Hari Dibuka, Peminat Calon Ketua KONI di Pessel Baru Dua Kandidat

Salah satu calon kandidat Ketua KONI Pessel saat mengambil formulir pendaftaran
Salah satu calon kandidat Ketua KONI Pessel saat mengambil formulir pendaftaran (istimewa)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Dua hari dibuka, calon kandidat Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat mulai mengikuti proses pendaftaran, Senin 29 November 2021.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata Pessel , Gestro Joni mengungkapkan, pendaftaran telah dibuka sejak Minggu 28 November 2021 dan hingga Senin 29 November hari ini, sudah ada dua calon kandidat yang mengambil formulir.

baca juga: Kisruh Camat Lengayang, Pemkab Pessel Masih Non Aktif-kan Oknum Camat Secara Lisan

"Keduanya mengambil formulir hari ini (Senin 29 November 2021)," ungkap Gestro Joni merangkap carateker Sekretaris KONI Pessel pada KLIKPOSITIF , Senin 29 November 2021.

Sesuai dengan mekanisme pendaftaran, para calon harus mengembalikan berkas terakhir Selasa 30 November 2021 besok.

baca juga: Proyek Batang Lumpo, Warga Minta Dinas SDA Provinsi Tuntaskan Sesuai Target

Menurutnya, dari syarat calon yang mesti dimiliki kandidat, mereka harus memiliki dukungan 30 persen suara dari cabang olahraga yang sah.

"Itu ketentuannya, jika tidak memiliki syarat itu dan ketentuan lainnya yang diatur, maka peserta tidak diproses," terangnya.

baca juga: Dewas Tolak RKP 2022 Direksi PDAM Pessel, Ini Alasannya

Lanjutnya, jika hanya satu peserta yang layak diterima sesuai persyaratan, maka hanya satu peserta saja yang akan diusulkan.

"Ya satu saja yang diusulkan. Jadi pemilihan nanti akan ditunjuk secara aklamasi," jelasnya.

baca juga: Baru Dilantik Awal Januari 2022, Masyarakat Unjukrasa Desak Camat Lengayang Pessel Mundur

Pengambilan formulir bisa diambil dari tanggal 28/29/30 mulai pukul 08.00 WIB sampai Pukul 16.00 WIB di Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pessel .

Seperti diketahui pendaftaran calon kandidat Ketua KONI Pessel resmi dibuka Minggu 28 November 2021, lalu. Pemilihan Ketua KONI Pessel dibuka, karena sudah masuk transisi kepengurusan baru yang berakhir tahun ini.

Selain memasuki transisi kepengurusan, pengurus yang lama periode 2017-202 1 mengalami kevakuman, setelah Ketua Umum dan Bendaharanya mundur akibat tersandung korupsi dana hibah KONI dan resmi ditahan sejak Juni 2021 lalu.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi