Pelajar Antusias Ikuti Lomba Bertutur di Rumah Kelahiran Bung Hatta

Lomba bertutur
Lomba bertutur (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Puluhan pelajar antusias mengikuti lomba bertutur yang dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bukittinggi di Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta (RKBH).

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari, mulai dari 29 hingga 30 November 2021, dan diikuti pelajar dari tingkat SD hingga SMA sederajat.

baca juga: Kejati Sumbar Proses Laporan LSM Arak Soal Pasa Ateh Bukittinggi

Lomba inibertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa untuk menuturkan cerita terkait setiap periode, peranan dan kiprah Bung Hatta semasa hidupnya.

Tema Bung Hatta melingkupi masa kanak-kanak, masa remaja di Padang dan Jakarta, masa kuliah di Belanda, masa perjuangan kemerdekaan, ide serta kehidupan Bung Hatta tentang Indonesia Merdeka.

Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Bukittinggi Mul Akhiar mengatakan, Lomba ini didasari dari hasil seminar kelahiran Bung Hatta yang dilakukan beberapa waktu lalu di Bukittinggi.

baca juga: Pedagang Pasar Bawah Terima Bantuan dari Kemenkop UKM RI

"Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan seminar kelahiran Bung Hatta sekaligus peringatan Hari Jadi Kota. Kita mengingat ketokohannya dan dimulai dari rumah kelahirannya," ungkap Mul Akhiar.

Peserta untuk hari pertama, kata dia, ada 40-an yang telah mendaftar dan jumlahnya akan terus bertambah.

baca juga: Wali Kota Rayakan Lolosnya PSKB Bukittinggi ke Final Liga 3

"Peserta sangat antusias, ini akan terus bertambah hingga esok," ujarnya mengakhiri.

Selain untuk mengenang ketokohan Bung Hatta, lomba ini juga membawa misi untuk lebih mengenalkan Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ke masyarakat.

baca juga: Lomba Cipta Menu B2SA digelar, Walikota Erman: Ciptakan Menu inovatif bernutrisi.

(*)

Editor: Hatta Rizal