Menteri Desa Tetapkan Puncak Pelaksanaan Hari Bhakti Transmigrasi ke 71 di Pessel

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat dijamu Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar saat dijamu Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar (istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar berencana bakal ke Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat dalam rangka pelaksanaan hari puncak peringatan Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke 71.

Rencana kedatangan Menteri PDTT ini disampaikan melalui akun IG kemendes ptt dan akun pribadi Menteri halimiskandarnu dan facebooknya A Halim Iskandar, setelah menerima kunjungan Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, di Jakarta, Senin 29 November 2021.

"Kementerian Desa PDTT berencana menggelar upacara puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke 71 di Pesisir Selatan. Acara bakal digelar pada hari Minggu 12 Desember 2021 mendatang, di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat," tulisnya.

Menurut, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pesisir Selatan adalah merupakan salah satu kawasan transmigrasi pada masa pemerintahan Presiden RI Soeharto tahun 1973.

Menurutnya, warga transmigrasi ke Pessel rata-rata dari Pulau Jawa dan kebanyakan, mereka saat ini telah hidup damai dengan rata-rata berekonomi dari hasil sawit.

"Mereka sudah bertahun-tahun menjadi warga di sana. Kerukunan warga transmigrasi harus dijaga, karena berlatar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Kerukunan merupakan salah satu kunci untuk maju dan sejahtera," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar mengatakan, bangga atas kepercayaan yang telah diberikan Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar dalam memilih Pessel menjadi pusat pelaksanaan upacara puncak HBT ke 71.

Tentu selain kebanggaan, Bupati Pessel berharap, semoga kehadiran Menteri Desa PDTT, Abdul Halim memberi kemajuan untuk Pesisir Selatan, diantaranya dengan adanya sinkronisasi program Pemkab Pessel dengan Kemendes PDTT.

"Karena dengan kondisi keterbatasan anggaran kita. Kita sangat butuh dukungan program dari pusat. Baik sisi desa begitu di sisi transmigrasi," terangnya.

Tidak hanya menggelar serta menghadiri upacara puncak HBT ke 71, Menteri juga direncanakan bakal menginap di Rumah Dinas Bupati Pesisir Selatan.

Baca Juga

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Eko Fajri