Pemko Pariaman Bangun Jalan Sepanjang 9 Kilometer Tanpa Anggaran Pemerintah, Ini Caranya

Genius Umar
Genius Umar (Ist)

PARIAMAN , KLIKPOSITIF - Kekinian, Pemerintahan Kota Pariaman kekurangan anggaran. Kendatipun demikian, di kota tersebut tengah dirintis jalan sepajang 9 kilometer dengan cara swadaya atau gotong royong.

"Anggaran Pemerintah Pariaman tidak mampu untuk sektor pembangunan akibat dampak pandemi. Namun partisipatif masyarakat Pariaman sangat tinggi," ungkap Walikota Pariaman , Genius Umar, Selasa 30 November 2021.

baca juga: Untuk Merubah Prilaku Buruk Napi, Ini yang Dilakukan Lapas Pariaman

Lebih lanjut dikatakannya, karena partisipasi masyarakat Pariaman yang akhirnya mendorong Pemerintah bersama sama membuat jalan sepanjang 9 kilometer.

"Saat ini tengah berjalan pembangunan di beberapa titik. Pada kawasan Pariaman Selatan sekitar tujuh kilometer, Pariaman Utara satu kilometer, dan Pariaman Timur satu kilometer," jelas Genius Umar.

baca juga: Tiga Kali Lakukan Pencurian, Ke 4 Kalinya Pria ini Ditembak Polisi

Dibeberkannya, pembangunan tersebut terlaksana secara swadaya atau gotong royong.

"Pekerjanya terdiri dari warga sekitar beserta pemerintah. Tidak digaji, malah kami bersama-sama iuran untuk operasional serta untuk makan," jelas Walikota itu.

baca juga: Genius Umar: Alumni Saga Saja Disiapkan untuk Pengetasan Kemiskinan

Kata Genius, perihal kebersamaan itu tidak semata mata ada lantaran satu hal kepentingan saja.

"Ini merupakan kepribadian masyarakat Pariaman di mana menjunjung tinggi falsafah sabiduak sadayuang. Semua hal akan lebih mudah dikerjakan secara bersama," sebut dia.

baca juga: Jokowi: Indonesia Berada dalam Fase Penting Pemulihan Ekonomi

Nilai nilai kebersamaan itu, katanya lagi, menumbuhkan kekuatan seperti di saat kondisi keuangan lemah.

"Jadi saya sangat mengapresiasi semangat yang tumbuh dari bawah yaitu warga sendiri. Hal ini pada akhirnya akan menguntungkan bagi warga sendiri. Jika jalan sudah selesai maka akses untuk perekonomian akan semakin terbuka," ulas Genius Umar.

Dia berharap, semangat gotong royong itu selalu terjaga. Dan Genius Umar juga bertekad jika keuangan sudah stabil maka pihaknya akan memprioritaskan penyelesaian tersebut.

"Selain itu, kami juga berharap bantuan dari pemerintah pusat maupun provinsi untuk memberikan bantuan terkait hal itu," ujar Genius Umar.

Penulis: Rehasa | Editor: Eko Fajri