HDI 2021, H. Irzal Ilyas Minta Pemda Berikan Perhatian Terhadap Kaum Disabilitas

Anggota DPRD Sumbar, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa
Anggota DPRD Sumbar, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa (Ist)

Solok Kota, Klikpositif - Anggota DPRD Sumatra Barat, H. Irzal Ilyas Dt. Lawik Basa meminta pemerintah provinsi Sumatra Barat dan kabupaten/kota untuk memberikan perhatian lebih terhadap kaum disabilitas.

Hal itu disampaikan Irzal Ilyas saat menghadiri peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tingkat Sumatra Barat yang dilaksanakan di SMKN 1 Kota Solok , Jum'at (3/12/2021).

baca juga: Program Sekolah dan Guru Penggerak Diluncurkan di Kota Solok

"Berikan kesempatan yang sama terhadap masyarakat kaum disabilitas, jangan sampai ada diskriminasi atau perbedaan perlakuan dalam pembangunan dan peran ditengah masyarakat," terang Irzal Ilyas.

Kaum disabilitas punya potensi yang sama, bahkan ada yang lebih dibanding masyarakat yang normal. Tidak sedikit diantara mereka yang berkontribusi besar terhadap pembangunan hingga prestasi yang membanggakan di berbagai bidang.

baca juga: Satpol PP Kota Solok Bongkar Tiga Kios Pedagang di Pasar Raya

Menurut Irzal Ilyas, ke depan Pemerintah daerah dan DPRD serta tokoh harus bergandengan tangan dalam membangun program yang tepat dalam pemberdayaan terhadap kaum disabilitas.

"Ini harus menjadi pemikiran bersama, mereka punya potensi dan harus difasilitasi melalui program pembinaan. Harus ada ruang yang kayak bagi kaum disabilitas," tutupnya.

baca juga: Puluhan CPNS Pemko Solok Terima SK Pengangkatan

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatra Barat, Ir. Audy Joinaldy menjelaskan, dibalik kekurangan, Allah SWT memberikan kelebihan yang sangat luar biasa bagi disabilitas.

"Perkenalan saya sebagai abdi negara dengan disabilitas pada momentum STQ, kafilah Sumbar ada tuna netra, dan ternyata hafiz 30 juz, ini sangat luar biasa. Kita yang normal saja kesulitan," terangnya.

baca juga: Kota Solok Bakal Terima Kucuran Dana Belasan Miliar Dari Pemprov Sumbar

Tidak hanya itu, katanya, kalangan disabilitas Sumatra Barat tidak sedikit juga yang berprestasi dalam ajang olahraga dan bidang lain.

"Adik-adik, tidak ada yang kurang di diri kita, Allah menciptakan makhluknya dengan sempurna, dan harus mendapat perlakuan dan kesempatan yang sama," tuturnya.

Dengan adanya peringatan hari disabilitas , Wagub berharap, lebih banyak yang tahu dan peduli dengan kaum disabilitas.

"Kita berharap, dengan anjuran dari pak Irzal Ilyas, anggota dewan juga bisa dengan dana pokir untuk pemberdayaan kaum disabilitas," harapnya.

Pemprov Sumbar bersama DPRD dan Pemko Solok juga bakal melakukan audiensi dengan kementrian sosial terkait program kongkrit untuk kaum disabilitas.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Wali Kota Solok , H. Zul Elfian Umar, Dandim 0309/Solok, Polres Solok dan Dinas Sosial Provinsi Sumatra Barat. Puluhan kaum disabilitas juga diberikan bantuan peralatan usaha.

Editor: Syafriadi