Studi Komparatif Wartawan Tanah Datar, Tribun Pekanbaru Berkembang Gunakan Platform Media Digital

Studi komparatif wartawan Tanah Datar ke Kantor Tribun Pekanbaru
Studi komparatif wartawan Tanah Datar ke Kantor Tribun Pekanbaru (KLIKPOSITIF/ Irfan Taufik)

KLIKPOSITIF - Puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten Tanah Datar melakukan studi komparatif ke Kota Dumai pada Kamis 2 Desember dan Kota Pekanbaru pada Jumat 3 Desember 2021.

Studi komparatif yang merupakan reward kinerja wartawan Tanah Datar ini didampingi Kepala Diskominfo Tanah Datar Abrar beserta jajaran dan Humas DPRD dan Kodim Tanah Datar .

baca juga: Monitoring Vaksinasi di Polres Tanah Datar, Ini Pesan Kabid Humas Polda Sumbar

Studi komparatif ke Kota Pekanbaru berkunjung ke Kantor Tribun Pekanbaru, Provinsi Riau. Disini awak media diterima Pimpinan Redaksi Tribun Pekanbaru Syarief Dayan, didampingi Manager Produksi Harismanto dan Manager Online Rinal Sagita di Ruang Rapat setempat.

Pada kesempatan itu, Syarief Dayan menyampaikan Tribun Pekanbaru baik media cetak ataupun media online mampu bersaing saat ini karena membangun media yang dapat dipercaya publik dan memanfaatkan paltform media digital yang ada.

baca juga: Meresahkan Warga, Polisi Tangkap Seorang Penjual Togel di Tanah Datar

"Bagi kami kecepatan dan kepercayaan publik adalah kunci utama memenangkan persaingan di era media digital saat ini," tutur Syarief.

Ia menyebut perkembangan media cetak beberapa tahun terakhir mengalami kesulitan luar biasa akibat kenaikan harga kertas dan biaya operasional yang tinggi serta masih pandemi COVID-19.

baca juga: Dua Orang Diduga Pengedar Narkoba Ditangkap di Tanah Datar Saat Akan Transaksi

Sementara itu untuk media online lawan terbesar itu adalah media sosial (medsos). Kecepatan medsos tidak bisa dikejar media online, maka diperlukan pendalaman peristiwa dan cara mengemas berita tersebut sehingga terus memperoleh kepercayaan publik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar menyampaikan para wartawan yang bertugas di Tanah Datar perlu belajar bagaimana cara mengemas berita dengan bertransformasi secara digital seperti yang diterapkan awak redaksi di Tribun Pekanbaru.

baca juga: Jalin Silaturahmi dengan Wartawan, Kapolres Tanah Datar Harapkan Hal Ini

Penulis: Irfan Taufik

Editor: Fitria Marlina