Ini Program Ketua Umum Iluni UIN IB Padang Terpilih

Ketua Umum Iluni UIN Imam Bonjol Padang Manager Nasution
Ketua Umum Iluni UIN Imam Bonjol Padang Manager Nasution (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Maneger Nasution terpilih menjadi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (Iluni UIN IB) Padang.

Terpilihnya Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia (LPSK RI) tersebut berdasarkan pemilihan yang dilakukan oleh 7 tim formatur dalam Mubes Iluni UIN IB Padang di Aula Mansur Dt Nagari Basa UIN IB Padang, Sabtu (4/12/2021).

baca juga: Paguyuban Alumni STM Negeri Padang Gelar Silahturahmi, Emzalmi: Mari Tetap Hargai Senior

Sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat Iluni UIN IB Padang terpilih, Manager Nasution mengusung tagline UIN Connection, dengan visinya menjadikan Iluni IAIN/ UIN Imam Bonjol Padang sebagai forum bersua alumni UIN Connection.

Menurutnya ada beberapa problem UIN IB Padang saat ini diantaranya kekurangan sarana dan prasarana, iklim akademik, kondisi kemahasiswaan, dan masih kurangnya guru besar.

baca juga: Hadiri Mubes ILuni, Gubernur: UIN Imam Bonjol Ambil Peran Jadikan Sumbar Pusat Ekonomi Syariah Nasional

Kemudian, ditambah problem alumni UIN IB Padang yakni, sebagian besar hanya lulus dengan kategori memuaskan yang idealnya harus lulus dengan kategori sangat memuaskan atau Cumlaude.

Selanjutnya, adanya peningkatan jumlah alumni dari tahun ke tahun namun sebagian belum terserap di dunia kerja, belum terbangunnya kebanggaan alumni , belum solidnya pendataan alumni , penataan alumni yang belum optimal dan diaspora alumni belum terkoordinasi.

baca juga: Maneger Nasution Terpilih Jadi Ketua Umum PP Iluni UIN Imam Bonjol Padang

Dari sejumlah problem diatas Maneger Nasution membuat program untuk menjadikannya solusi.

"Pertama, pembuatan/penggunaan aplikasi UIN Connection sebagai salah satu sarana tercepat bertemunya para alumni . UIN Connection dapat menjadi basis dalam melakukan sinergi dan kolaborasi antara Iluni UIN , Iluni Fakultas dan Iluni Wilayah," katanya.

baca juga: Tiga Nama Menguat Jadi Calon Ketua Umum Iluni UIN Imam Bonjol

Ia menambahkan, optimalisasi program beasiswa dari Iluni UIN bekerjasama dengan BEM UIN yakni UIN Connection Award dan singergi Satakeholder UIN (kepemimpinan universitas dan fakultas, alumni, dan para mahasiswa).

"Merawat kekerabatan, persaudaraan dan kekompakan alumni UIN melalui berbagai kegiatan olahraga dan budaya bervariasi," kata dia.

Ia melanjutkan, menyatukan potensi dan talenta alumni UIN melalui jejaring nasional global dan membangun pride (kebanggaan) dan mengoptimalkan diaspora alumni UIN . "Terakhir membantu UIN menuju world Class University," pungkasnya.

Editor: Joni Abdul Kasir