Audy: Mahasiswa Harus Siap Hadapi Perubahan Kehidupan 4.0

Wagub Sumbar Audy Joinaldy
Wagub Sumbar Audy Joinaldy (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF - Mahasiswa harus siap menghadapi perubahan kehidupan 4.0 yang telah mulai dan akan menjadi tantangan nyata saat menamatkan pendidikan di perguruan tinggi.

"Setidaknya ada sembilan perubahan kehidupan 4.0 diantaranya perubahan teknologi , perubahan makna ownership ke sistem sharing concept, perubahan pekerjaan dan profesi, perubahan peta kompetisi, perubahan perilaku dan gaya hidup, perubahan regulasi, perubahan sumber kedaulatan baru,perubahan menjaga trust dan reputasi menjaditumpuan kehidupan dan perubahan skill baru," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Jumat lalu.

baca juga: Gubernur Sumbar Dukung Percepatan Digitalisasi ASN

Ia mengatakan itu saat menghadiri dan memberikan materi pada Baralek FMIPA Universitas Negeri Padang.

Perubahan teknologi terlihat dari munculnya teknologi berbasis big data, robotic,artificial intelligence, 3D printing, biologi, molekuler dan material. Pekerjaan pada abad 20 perlahan-lahan mulai digantikan oleh pekerjaan baru berbasis teknologi 4.0.

baca juga: Mahyeldi Dukung Taksonomi Hijau Indonesia yang Diluncurkan Jokowi

"Artinya mahasiswa tidak lagi hanya datang kuliah, pulang dan baca buku. Harus ada pergeseran, memupuk kemampuan soft skill dan kemampuan berbasis teknologi agar bisa terserap dunia kerja," katanya.

Menurutnya skill yang harus dimiliki oleh mahasiswa saat ini diantaranya kemampuan untuk menyelesaikan masalah, berpikir kritis, kreatif, manajemen orang, koordinasi dan kemampuan untuk bekerjasama, kemampuan menjaga dan membaca emosi, hingga kemampuan negoisasi.

baca juga: Sumbar Targetkan Produksi Padi 1.5 Juta Ton di Tahun 2022

"Berdasarkan penelitian Thomas J Standley PH.d dari 100 faktor sukses, kemampuan IQ hanya berada pada urutan ke-21, bersekolah di sekolah favorit hanya diurutan ke-23 dan nilai terbaik ternyata hanya pada urutan ke-30," katanya.

Sepuluh besar faktor sukses itu adalah jujur, disiplin, good interpersonal skill, dukungan dari pasangan hidup, bekerja lebih keras, mencintai pekerjaan, kepemimpinan yang baik,semangat dan kepribadian yang kompetitif, pengelolaan kehidupan yang baik dan kemampuan menjual gagasan dan produk.

baca juga: Gubernur Berharap Pemda Lahirkan Kebijakan Penanganan dan Pengelolaan Sampah

"Bagi yang ingin sukses, mulailah untuk berbenah sejak masih menuntut ilmu," ujarnya.

Editor: Joni Abdul Kasir