Sambut Kedatangan Mendes PDTT di Pessel, Pemkab Siapkan Agenda Ini untuk Bahas Sejumlah Program

Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar
Menteri Desa PDTT RI, Abdul Halim Iskandar (net)

PESSEL , KLIKPOSITIF - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel ), Sumatera Barat siapkan sejumlah agenda dalam menyambut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Mendes PDTT) ke daerah itu.

Kepala Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Pessel , Mimi Riarty Zainul mengatakan, selain kedatangan Mendes PDTT dijadwalkan menghadiri pelaksanaan upacara peringatan hari bhakti transmigrasi ke 71, Menteri juga dijadwalkan akan bermalam di Painan.

baca juga: Kisruh Camat Lengayang, Pemkab Pessel Masih Non Aktif-kan Oknum Camat Secara Lisan

Menteri bermalam di Rumah Dinas Bupati Pessel . Sebelum istirahat, selain temu ramah, Menteri dan rombongan juga dijadwalkan membuka diskusi bersama jajaran Pemkab.

Menurut Mimi Riarty Zainul, diskusi itu diantaranya bakal membahas sejumlah program. Tidak hanya soal transmigrasi, namun juga program lainnya yang berkaitan dengan tugas dan tupoksi Kementerian dan PDTT.

baca juga: Proyek Batang Lumpo, Warga Minta Dinas SDA Provinsi Tuntaskan Sesuai Target

"Selain dari program transmigrasi, tentu kita juga berharap program desa juga dapat dengan kehadiran Menteri," ungkapnya pada KLIKPOSITIF , Selasa 7 Desember 2021.

Seperti diketahui, sesuai rencana kendatangan Menteri Abdul Halim Iskandar dijadwalkan ke Pessel dalam rangka pelaksanaan upacara puncak Hari Bhakti Transmigrasi (HBT) ke 71. HBT jatuh pada Minggu 12 Desember 2021.

baca juga: Dewas Tolak RKP 2022 Direksi PDAM Pessel, Ini Alasannya

Kedatangan Menteri Abdul Halim Iskan dar terkonfirmasi dari hasil kunjungan Bupati Pesisir Selatan ( Pessel ), Rusma Yul Anwar, di Jakarta, Senin 29 November 2021.

Dalam kunjungan itu, Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar mengatakan, Pesisir Selatan adalah merupakan salah satu kawasan transmigrasi pada masa pemerintahan Presiden RI Soeharto tahun 1973.

baca juga: Baru Dilantik Awal Januari 2022, Masyarakat Unjukrasa Desak Camat Lengayang Pessel Mundur

Menurutnya, warga transmigrasi ke Pessel rata-rata dari Pulau Jawa dan kebanyakan, mereka saat ini telah hidup damai dengan rata-rata berekonomi dari hasil sawit.

Meski, memiliki belakang budaya dan agama yang berbeda-beda, amun, tetap dalam kerukunan, sehingga dinilai pantas untuk diapreasiasi dan dijaga untuk maju dan sejahtera.

Penulis: Kiki Julnasri | Editor: Haswandi